Anda INGIN Pergi Umroh..? PASTIKAN 5 Hal Yang Bikin PASTI UMROH

Anda INGIN Pergi Umroh..? PASTIKAN 5 Hal Yang Bikin PASTI UMROH


Sejak Kerajaan Saudi Arabia mencabut aturan pemberlakuan karantina bagi jemaah umroh mulai 5 Maret 2022 dan disambut sangat gembira dan suka cita yang teramat tinggi karena jamaah akan terasa semakin ringan dan tidak terbebani dalam melakukan ibadah umrah yang biayanya meningkat dan sudah tertunda dua tahun kebelakang namun tetap jamaah harus hati-hati menjaga kesehatan secara sempurna.


Nah semakin rame dan animo muslim untuk melakukan ibadah umrah pasca dibebaskan karantina dan PCR di Arab Saudi yang juga perlu diPASTIKAN ada 5 kepastian yang menjadi prioritas setiap jamaah yang hendak berangkat umrah. Apa saja 5 PASTI itu..?


PERTAMA, PASTIKAN TRAVELNYA BERIZIN RESMI.

Ini adalah prinsip pertama kepastian umroh. Setiap calon jamaah umroh hendaknya memastikan kredibilitas Travel umroh yang akan melayani perjalanan umrohnya. Meliputi perijinan, struktur manajemen, track recordnya dan juga kantornya. Alhamdulillah Yayasan Wafizs Al-Amin Center (WAC) Bekasi yang dipimpin oleh KH.Nur Anwar Amin,Lc atau biasa disapa Ustadz adjie nung (UAN) dan Travel Annabiy Zahidi Wisata (AZW)  sebagai travel yang berizin dan siap melyani para tamu Allah dengan NYAMAN, DILAYANI & PEMBIMBING PROFESIONAL, Kantornya pun berlokasi di Jl. Gudang bin Ali no.73 Ujungharapan Kel. Bahagia Kec.Babelan Bekasi 17612 WA : 08161191890 dan di Duren Sawit Jakarta Timur WA :081288909222.


Kepercayaan atau trust adalah hal paling penting dalam hal ini. Untuk Mewujudkan kepercayaan yang tinggi maka track record dan legalitas sangat penting. Setiap calon jamaah berhak untuk mengetahui seberapa lama Travel umroh tersebut berjalan dan seberapa tinggi kepuasan jamaah terdahulu. 


KEDUA, PASTIKAN JADWALNYA.

Kepastian Jadwal Keberangkatan sangatlah penting. Setiap calon jamaah berhak untuk mendapatkan kepastian ini. Tentu saja ini berkaitan dengan jamaah untuk mempersiapkan diri dengan lebih baik dan lebih matang. Alhamdulillah selama perjalanan ibadah Umroh bersama WAC & AZW jadwal keberangkatan lancar dan sesuai dengan yang telah ditentukan.

Jadwal keberangkatan yang tidak pasti tentu saja akan menyebabkan ketidakpastian. Terkecuali, bagi calon jamaah yang akan berangkat umroh dengan cara menabung atau mencicil, maka hal itu memungkinkan.


KETIGA, PASTIKAN TERBANGNYA.

Kepastian mendapatkan sarana transportasi terutama tiket pesawat, apabila calon jamaah belum mendapatkan kepastian ini, maka ada potensi dia gagal berangkat atau terjadi penundaan keberangkatan. WAC & AZW tiket pesawat menjadi prioritas, setiap jamaah sudah pegsng tiket pergi dan pulang di paspor mereka masing-masing, jadi jamaah tidak perlu khawatir tidak bisa pulang karena tiket peswat sudah dipastikan saat mereka berangkat umroh, baik tiket pesawat direk ataupun transit.

Pihak travel sudah menentukan pesawat yang akan digunakan untuk memberangkatkan jamaah, Mengapa demikian, untuk keberangkatan umroh dari Indonesia, tiket pesawat merupakan komponen yang paling tinggi harganya. Menurut kebiasaan, untuk tiket pulang pergi jakarta – jeddah di kisaran harga 11 juta sampai 15 jutaan tergantung maskapai yang digunakan apakah penerbangan langsung atau transit.

Jadi bila anda mendapatkan Biaya umroh sebanyak 20 Juta, maka separuh lebih dari Biaya tersebut adalah untuk membeli tiket pesawatnya. Jadi, cukup berhati-hati jika jamaah menemukan harga umroh murah karena secara hitungan biaya belum bisa mengkaper biaya-biaya operasional dan akomodasi lainnya, dikhawatirksn akan membuat jamaah kebelangsak (kesulitan) saat berada di negara Saudi Arabia, bisa berangkat namun tidak bisa pulang.


KEEMPAT, PASTIKAN HOTELNYA.

Hotel atau penginapan di Saudi Arabia ketika melaksanakan umroh tentu sangat penting. Hotel yang di peruntukan untuk jamah umroh tidaklah sembarang hotel. Hotel tersebut sudah mendapatkan sertifikasi khusus dari pemerintahan kerajaan Arab Saudi sebagai hotel yang layak untuk penginapan jamaah. Bahkan Biaya umroh bisa murah atau mahal, salah satu komponen yang mempengaruhinnya itu harga Hotelnya. Alhamdulillah hotel yang digunakan WAC & AZW selalu hotel bintang 5 dintaranya Pullman Zamzam atau setaraf sekitar wilayah depan percis Masjidilharom.

Di area Mekah dan Madinah tentunya sangat banyak hotel yang tersedia. Ada yang Bintang 3, 4 bahkan 5. Pemilihan hotel tersebut juga akan di pertimbangkan dari jaraknya menuju Masjidil Haram maupun Masjid Nabawi. Makin dekat hotel tersebut ke Masjid maka biasanya harganya juga makin mahal.


Akomodasi lain selama umroh juga penting seperti transportasi Bus yang akan digunakan untuk mengakomodasi jamaah selama di Saudi Arabia seperti perjalanan dari Bandara Jeddah menuju Madinah, dari Madinah menuju Makkah, dari Makkah menuju Bandara Jeddah juga untuk kegiatan Ziarah kota Madinah dan Makkah.


KELIMA, PASTIKAN VISANYA.

Visa merupakan dokumen pemberian ijin dari pemerintah Arab Saudi kepada siapa pun untuk melaksanakan umroh di negara tersebut. Visa di terbitkan oleh kedutaan besar Arab Saudi yang ada di negara tempat si pemohon Visa berada.


Secara umum,bila seseorang melakukan perjalanan ke negara lain tanpa memegang Visa atau dokumen ijin lainnya. Maka orang tersebut di golongkan melakukan perjalanan ilegal. Begitu juga dengan umroh, setiap calon jamaah mesti mendapatkan Visa sebagai alat masuk ke negara Arab Saudi dan melaksanakan umroh di sana.


Bahkan untuk visa ke Arab Saudi, terdapat beberapa jenis visa yang penggunaannya berbeda satu sama lain. Ada visa umroh misalnya, khusus untuk Ibadah umroh. Ada lagi visa Haji, visa furoda, visa Ziarah, visa kerja bagi TKI dan lain-lain.


Selain Visa, beberapa dokumen lain harus di siapkan. Semisal passport, kartu kuning meningitis dan lain – lain. Setelah dokumen lengkap, maka anda akan tenang untuk berangkat umroh tanpa was was kena razia.


SISKOPATUH

Kementrian Agama Indonesia meluncurkan system yang dinamakan Siskopatuh dimana hanya travel yang berijin resmi yang dapat mengakses system ini, untuk itu bagi calon jamaah umroh pastikan anda mendapatkan SPPU (Surat Pendaftaran Porsi Umroh) asli yang diterbitkan oleh travel umroh.