Khutbah Jumat (Edisi 125) Tema : “DUKA Palestina DUKA Kita”

Khutbah Jumat (Edisi 125) Tema : “DUKA Palestina DUKA Kita”

 

Wafizs Al-Amin Center
“Berbagi Cahaya Diatas Cahaya”
Khutbah Jumat (Edisi 125) Tema  :

“DUKA Palestina DUKA Kita”
Oleh : Nur Anwar Amin (adjie nung)
Alumni Universitas Al-Azhar Mesir, Alumni Pondok Pesantren Attaqwa KH.Noer Alie Bekasi dan Ketua Yayasan Wafizs Al-Amin Center Bekasi. Mohon Kirim Donasi Anda : Zakat, Infaq, sedekah & Wakaf untuk Pembangunan Asrama Yatim & Dhuafa ke No. Rek.7117.8248.23 (BSI) a.n. Yayasan Wafizs Al-Amin Center. Donasi Anda sangat membantu meringankan beban mereka.
WA : +628161191890
klik aja adjie nung di Link YouTube, Instagram & Facebook
Khutbah ini disampaikan di Masjid JAMl’ AL-ARQOM Perumnas Pesona Anggrek Bekasi. Jumat, 13 Oktober 2023 M/20 R. Awwal 1445 H. 
 

    

مَعَاشِرَ الْمُسْلِمِيْنَ رَحِمَكُمُ الله

Ditengah suka cita kaum muslim merayakan maulid Nabi saw dengan lantunan sholawat Nabi sebagai tanda cinta kita kepada Rasulullah saw. Umat islam dunia dicengangkan kembali dengan saudara-saudara kita yang berada di Palestina, mereka dirundung duka yang mengancam jiwa dan nyawa, dibantai abis-abisan atas kebiadaban tentara zionis Israel, digempur dengan rudal-rudal Israel bahkan ribuam kaum muslimin kehilangan tempat tinggal mereka tanpa pri kemanusian. Karena itu, duka muslim Palestina adalah duka kita bersama, mereka muslim, mereka saudara kita, mereka satu Tuhan yaitu Allah swt, satu kitab suci yaitu Al-Quran dan mereka satu Nabi yaitu Nabi Muhamad saw. Allah tegaskan dalam ayatNya,

إِنَّمَا ٱلْمُؤْمِنُونَ إِخْوَةٌ فَأَصْلِحُوا۟ بَيْنَ أَخَوَيْكُمْ ۚ وَٱتَّقُوا۟ ٱللَّهَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ

"Orang-orang beriman itu sesungguhnya bersaudara. Sebab itu damaikanlah (perbaikilah hubungan) antara kedua saudaramu itu dan takutlah terhadap Allah, supaya kamu mendapat rahmat." (Q.S Al-Hujurat :10).

Nabi saw bersabda,

الْمُؤْمِنُ لِلْمُؤْمِنِ كَالْبُنْيَانِ يَشُدُّ بَعْضُهُ بَعْضًا

“Perumpamaan seorang mukmin dengan mukmin yang lain itu seperti bangunan yang menguatkan satu sama lain.” (HR. Bukhari Muslim).

Lagi-lagi sejarah menjadi saksi kelamnya duka rakyat muslim Palestina, sejak puluhan tahun mereka selalu dijajah zionis Yahudi, hidup mereka tidak pernah tenang selalu dihujani dengan bom-bom dan peluru, kita bisa bayangkan jika hal ini terjadi disekeliling kita, betapa perinya duka ini. Karena itu lakukan aksi yang kita bisa dan kita mampu.


مَعَاشِرَ الْمُسْلِمِيْنَ رَحِمَكُمُ الله

Perlu diketahui, sejak 14 abad lalu Al-quran sudah menyatakan bahwa orang Yahudi adalah manusia yang paling jahat, manusia yang paling sadis dan manusia yang paling kejam.

لَـتَجِدَنَّ اَشَدَّ النَّاسِ عَدَاوَةً لِّـلَّذِيۡنَ اٰمَنُوا الۡيَهُوۡدَ وَالَّذِيۡنَ اَشۡرَكُوۡا‌ ۚ

“Pasti akan kamu dapati orang yang paling keras permusuhannya terhadap orang-orang yang beriman, yaitu orang-orang Yahudi dan orang-orang musyrik.” (QS. Al-Maidah : 82).


Sebagai bukti bahwa Yahudi Israel sebagai اَشَدَّ النَّاسِ manusia yang paling keras permusuhannya terhadap orang-orang beriman, sejak Israel menduduki Palestina tahun 1948 sampai sekarang, Israel selalu berusaha memutus mata rantai sejarah dan mengubah identitas kota Yerussalem. Setiap yang berbau Arab dan Islam Israel berusaha menghilangkan jejak. Tidak cukup hanya itu, Israel menghancurkan rumah-rumah dan mengusir penduduk Palestina, merampas tanah dan harta benda mereka, menghancurkan masjid-masjid dan tempat-tempat bersejarah islam serta menguasai tanah-tanah wakaf Palestina.


Karena itu untuk kita umat muslim, Palestina dan Masjidil Aqsho sangat penting untuk dibela, dijaga, dipertahankan dan segera dibebaskan dari penindasan zionis Israel hingga yaumil qiyamah (hari kiamat) bahkan As-Syahid Abdullah Azzam berkata : “Pembebasan Al-Aqsho adalah amanah diatas setiap pundak orang-orang yang beriman.”  Ini alasan kita harus membela Palestina dan Masjidil Aqsho :

Pertama, Masjidil Aqsha Adalah Kiblat Pertama Umat Islam.

Sejak ditetapkan kewajiban shalat lima waktu, pada tahun kesepuluh kenabian, Rasululloh saw selama 13 tahun berdakwah di Mekkah, dan 17 bulan 3 hari setelah hijrah ke Madinah, Rasul, para sahabat dan umat Islam melaksanakan shalat dengan menghadap ke Baitul Maqdis, sampai akhirnya turun ayat Al-quran surah Al-baqarah ayat 144.

قَدۡ نَرٰى تَقَلُّبَ وَجۡهِكَ فِى السَّمَآءِ‌‌ۚ فَلَـنُوَلِّيَنَّكَ قِبۡلَةً تَرۡضٰٮهَا‌ ۚ فَوَلِّ وَجۡهَكَ شَطۡرَ الۡمَسۡجِدِ الۡحَـرَامِؕ وَحَيۡثُ مَا كُنۡتُمۡ فَوَلُّوۡا وُجُوۡهَكُمۡ شَطۡرَهٗ

“Kami melihat wajahmu (Muhammad) sering menengadah ke langit, maka akan Kami palingkan engkau ke kiblat yang engkau senangi. Maka hadapkanlah wajahmu ke arah Masjidilharam. Dan di mana saja engkau berada, hadapkanlah wajahmu ke arah itu.” (QS. Al-Baqoroh : 144).


Kedua, Masjidil Aqsha adalah Rumah Ibadah Kedua yang Dibangun di Muka Bumi Setelah Masjidilharam.

عَنْ أَبِي ذَرٍّ الْغِفَارِيِّ قَالَ قُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ أَيُّ مَسْجِدٍ وُضِعَ أَوَّلُ قَالَ الْمَسْجِدُ الْحَرَامُ قَالَ قُلْتُ ثُمَّ أَيٌّ قَالَ ثُمَّ الْمَسْجِدُ الْأَقْصَى قُلْتُ كَمْ بَيْنَهُمَا قَالَ أَرْبَعُونَ عَامًا ثُمَّ الْأَرْضُ لَكَ مُصَلًّى فَصَلِّ حَيْثُ مَا أَدْرَكَتْكَ الصَّلَاةُ

Dari Abu Dzar Al Ghifari ia berkata : Aku bertanya, "Wahai Rasulullah, masjid manakah yang pertama kali dibangun?" beliau menjawab: "Masjidil Haram." Abu Dzar berkata; Aku bertanya; "Lalu mana lagi?" beliau menjawab: "Masjidil Aqsha." Aku bertanya; "Berapa jarak antara keduanya?" beliau menjawab: "Empat puluh tahun. Dan bumi bagimu adalah masjid, maka shalatlah dimanapun tempatnya ketika waktu shalat telah tiba." (HR. Muslim).


Ketiga, Masjidil Aqsha Sangat Dianjurkan Untuk Diziarahi.

Berkunjung dan datang ke Masjidil Aqsho adalah sunah yang dianjurkan oleh Rasululloh saw. Dari Abu Hurairah ra, ia berkata bahwa Rasulullah saw bersabda,

لاَ تُشَدُّ الرِّحَالُ إِلاَّ إِلَى ثَلاَثَةِ مَسَاجِدَ مَسْجِدِى هَذَا وَمَسْجِدِ الْحَرَامِ وَمَسْجِدِ الأَقْصَى

“Jangan bersusah payah melakukan perjalanan jauh kecuali mengunjungi ke tiga masjid : masjidku ini (masjid Nabawi), masjidil Haram dan Masjidil Aqsha.” (HR. Bukhari Muslim).

Abu Darda menyebutkan keutamaan shalat di Masjidil Aqsha antara 500 sampai 1000 kali lipat.

وَالصَّلَاةُ فِي بَيْتِ الْمَقْدِسِ بِخَمْسِمِائَةِ صَلَاةٍ

“Shalat di Baitul Maqdis sama seperti mengerjakan lima ratus shalat.” (HR. Al-Bazar, Ibnu ‘Abdil Barr, Al-Baihaqi).

أَنَّ مَيْمُونَةَ مَوْلَاةَ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَتْ يَا نَبِيَّ اللَّهِ أَفْتِنَا فِي بَيْتِ الْمَقْدِسِ فَقَالَ أَرْضُ الْمَنْشَرِ وَالْمَحْشَرِ ائْتُوهُ فَصَلُّوا فِيهِ فَإِنَّ صَلَاةً فِيهِ كَأَلْفِ صَلَاةٍ فِيمَا سِوَاهُ

“Sesunggunya Maimunah pembantu Nabi berkata, “Ya Nabiyallah, berilah kami fatwa tentang Baitul Maqdis”. Maka Rasulullah menjawab, “Bumi tempat bertebaran dan tempat berkumpul. Datangilah ia, maka shalatlah di dalamnya, karena sesungguhnya shalat di dalamnya seperti seribu kali shalat dari shalat di tempat lain”. (HR. Ahmad).


Keempat, Palestina itu ارض الانبياء Bumi Para Nabi dan Rasul.

Di Palestina inilah Nabi Ibrahim, Nabi Ishaq, Nabi Ya`qub, Nabi Yusuf, Nabi Luth, Nabi Sulaiman, Nabi Musa, Nabi Sholeh, Nabi Zakaria, Nabi Yahya dan Nabi Isa serta banyak Nabi lainnya pernah tinggal. Di tempat itu, para Nabi dan Rasul dikumpulkan dan memberi kesaksian bahwa Nabi Muhammad adalah Nabi yang terakhir. Di situ Nabi kita Muhamad saw mengimami para Nabi saat isra dan mi’raj, sebagai pertanda dukungan dan pengakuan mereka terhadap kenabian Rasulullah Saw.

وَإِذْ أَخَذَ اللَّهُ مِيثَاقَ النَّبِيِّينَ لَمَا آتَيْتُكُمْ مِنْ كِتَابٍ وَحِكْمَةٍ ثُمَّ جَاءَكُمْ رَسُولٌ مُصَدِّقٌ لِمَا مَعَكُمْ لَتُؤْمِنُنَّ بِهِ وَلَتَنْصُرُنَّهُ قَالَ أَأَقْرَرْتُمْ وَأَخَذْتُمْ عَلَى ذَلِكُمْ إِصْرِي قَالُوا أَقْرَرْنَا قَالَ فَاشْهَدُوا وَأَنَا مَعَكُمْ مِنَ الشَّاهِدِينَ

“Dan (ingatlah), ketika Allah mengambil perjanjian dari para nabi, “Manakala Aku memberikan kitab dan hikmah kepadamu lalu datang kepada kamu seorang Rasul yang membenarkan apa yang ada pada kamu, niscaya kamu akan sungguh-sungguh beriman kepadanya dan menolongnya.” Allah berfirman, “Apakah kamu setuju dan menerima perjanjian dengan-Ku atas yang demikian itu?” Mereka menjawab, “Kami setuju.” Allah berfirman,  ”Kalau begitu bersaksilah kamu (para nabi) dan Aku menjadi saksi bersama kamu.” (QS. Ali Imram: 81).


مَعَاشِرَ الْمُسْلِمِيْنَ رَحِمَكُمُ الله

Sudah sangat jelas, urusan palestina adalah urusan kita bersama, persoalan Palestina bukan hanya persoalan bangsa Palestina atau bangsa Arab semata, tetapi juga persoalan umat Islam, bahkan persoalan kemanusiaan, karena disitu ada penjajahan. Mari kita bersatu, kuatkan semangat jihad kita, kuatkan tenaga dan semangat kita dalam agama Allah swt.

وَاعْتَصِمُوا بِحَبْلِ اللَّهِ جَمِيعًا وَلَا تَفَرَّقُوا ۚ

“Dan berpeganglah kamu semuanya kepada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai berai,” (QS. Ali Imran : 103).


Kita berjuang dan berjihad yang kita bisa, jika mampu berjuang dengan tangan dan kekuasaan maka segera berjuanglah, jika mampu berjuang dengan lisan dan diplomatik maka segera laksanakan dan jika mampu berjuang dan berjihad dengan doa, mari angkat kedua tangan, kita buka kedua telapak tangan, kita minta kepada Allah swt. Allahlah yang maha merubah keadaan.

اللهم يَامُحَوِّلَ الْأَحْوَالِ حَوِّلْ حَالَنَا وَحَالَ قَرْيَتِنَا وَحَالَ بِلَادِنَا وَحَالَ بِلَادِ فَلِسْطِيْنَ إِلَى أَحْسَنِ الْحَالِ بِحَوْلِكَ وَقُوَّتِكَ يَاعَزِيْزُ يَامُتَعَالُ يَاأَرْحْمَ الرَّاحِمِيْنَ

“Wahai dzat yang merubah keadaan, rubahlah keadaan kami ya Allah, rubahlah keadaan kampung kami ya Allah, rubahlah keadaan negara kami ya Allah, rubahlah keadaan negeri Palestina menuju keadaan yang lebih baik dengan daya dan kekautanMU ya Allah wahai dzat yang maha perkasa lagi maha tinggi serta maha penyayang.”


Kita berdoa kepada Allah swt agar Palestina dan Masjidil Aqsho menjadi negara yang merdeka, bebas dari kekejaman penjajah zionis Israel seperti Sayyidina Umar bin Khattab pernah membebaskan Yerussalem dari cengkraman kekuasaan Romawi dan Salahuddin Al-Ayubi pernah membebaskan Yerussalem dari kezhaliman pasukan salib pada saat perang salib. Terus menerus dengan kekuatan doa akan bisa merubah qodho Allah.

اللَّهُمَّ انْصُرِ الْمُجَاهِدِيْنَ فِيْ فِلِسْطِيْنَ اللَّهُمَّ انْصُرْهُمْ عَلَى الْيَهُوْدِ وَمَنْ عَاوَنَهُمْ مِنَ الْكُفَّارِ وَالْمُنَافِقِيْنَ، اللَّهُمَّ سَدِّدْ سَهْمَهُمْ وَوَحِّدْ صُفُوْفَهُمْ وَاجْمَعْ كَلِمَتَهُمْ عَلَى الْحَقِّ يَا حَيُّ يَاقَيُّوْمُ

“Ya Allah turunkanlah pertolonganMu untuk kaum mujahidin di Palestina, Ya Allah tolonglah mereka menghadapi kaum Yahudi dan penolong-penolong mereka dari kalangan kuffar dan kaum munafiq, Ya Allah tepatkanlah bidikan mereka, rapatkanlah shaf perjuangan mereka dan satukanlah kalimat mereka di atas kebenaran Ya Hayyu Ya Qayyum”.

بَارَكَ اللهُ لِي وَلَكُمْ فِي الْقُرْآنِ الْعَظِيْمِ. وَنَفَعَنِي وَاِيِّاكُمْ بما فيه مِنَ الآيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيْمِ. وَتَقَبَّلْ مِنِّيْ وَمِنْكُمْ تِلاوَتَهُ اِنّهُ هُوَ السَّمِيْعُ اْلعَلِيْمُ. فَاسْتَغْفِرُوْا اِنَّهُ هُوَاْلغَفُوْرُ الرَّحِيْم

uanuan








Dengan RAHMAT ALLAH. Alhamdulillah Wa Syukrulillah
TELAH TERBIT BUKU BARU
Judul : "Hamba Yang Beruntung Di Dunia & Akhirat"
Oleh NUR ANWAR AMIN, Lc
Follow Us :
Mr. Lukman +62 815-8428-2565
IG : @adjienung @wafizscenter
Facebook : adjie nung
YouTube : Nur Anwar Amin
Harga : Rp. 125.000
Alamat Kantor :
Yayasan Wafizs Al-Amin Center
Jl. Gudang Bin Ali No. 73
Ujungharapan Rt. 05/06 Kel. Bahagia Kec. Babelan Kab. Bekasi Jawa Barat.

Wafizs Al-Amin Center

“Berbagi Cahaya Diatas Cahaya”



 UMROH Yuuuk di 11-20 Nopember 2023
No Transit by Saudia Airlines
KEUNGGULANNYA :
- Paket 10 Hari dg 4 Kali Umroh
- Free Perlengkapan Umroh
- Free City Tour THOIF
- Pesawat Saudia Airlines
- Berangkat 28 Oktober s/d 6 Nopember 2023
- Nyaman, Dilayani & Pembimbing Profesional. 
Minaaat...? WA aja 08161191890
Instagram @adjienung @wafizscenter
YouTube Nur Anwar Amin


Yuuuk Umroh LIBURAN Akhir Tahun 2023

KEUNGGULANNYA :
- Paket 11 Hari dg 4 Kali Umroh
- Free Perlengkapan Umroh
- Free City Tour THOIF
- Pesawat Srilanka Airlines
- Berangkat 17-27 Desember 2023
- Nyaman, Dilayani & Pembimbing Profesional. 
Minaaat...? WA aja 08161191890
Instagram @adjienung @wafizscenter
YouTube Nur Anwar Amin

 

Yuuuk UMROH AWAL Tahun 2024
Sambil Ibadah Plus Dapat Berlibur Mancanegara
#Keunggulannya :
- Paket 11 Hari dg 4 Kali Umroh
- Free Perlengkapan Umroh
- Free City Tour THOIF
- Free 1 Malam di Hotel Srilanka
- Free City Tour di Colombo
- By Srilanka Air
- Berangkat 04-14 Januari 2024
- #Nyaman #Dilayani #PembimbingProfesional
Minaaat...? WA aja 08161191890
Instagram @adjienung @wafizscenter
YouTube Nur Anwar Amin 


Yuuuk SILAKAN SEGERA DAFTAR UMROH, Berangkat 04-14 Agustus 2023 Hanya di Kantor Yayasan Wafizs Al-Amin Center Jl. Gudang Bin Ali no.73 Kelurahan Bahagia Kecamatan Babelan Kabupaten Bekasi 17612 WA :  +628161191890 atau Klik lnfo Lengakapnya di nuranwaramin.com. (1 hari di Jeddah, 4 hari di Makkah, 3 hari di Madinah dan PP 2 hari)

Follow US : IG @adjienung, Facebook adjie nung, YouTube : Nur Anwar Amin dan IG @wafizscenter

Motto :

Nyaman, Dilayani & Pembimbing Profesional

“Berbagi Cahaya Diatas Cahaya”

YUUUK  BERWAKAF Di Yayasan Wafizs Al-Amin Center Bekasi Sedang Pembebasan Tanah Wakaf Untuk Pembangunan Masjid dan Majlis Taklim, Yang Berminat SEGERA BERWAKAF, Catet Nomor Rekening Yayasan  7117.8248.23 (BSI) a.n. Yayasan Wafizs Al-Amin Center