Trah Mpi Sirun bin Sain bin Tubagus

Trah Mpi Sirun bin Sain bin Tubagus

Trah Mpi Sirun bin Sian bin Tubagus
#Coretan_Dianrehem

Mpi Sirun punya 3 istri dan 13 anak. Tapi yang membentuk koloni hanya sepuluh orang; Klan Sarbini, Klan Tabrani, Klan Tarmajih, Klan Salbiyah, Klan Simin, Klan Murdani (ini semua dari Mak Zimah).

Kemudian ada Klan Mugeni, Klan Nani, Klan Janur (dari Mak Silot), dan Klan Sarmilih dari Mak Sam'ah.

Siapakah Mpi Sirun? Ini menjadi PR keluarga untuk mencari tahu agar bisa mengenal lebih dekat sosok Mpi.

Mpi Sirun telah ditakdirkan Allah mewarnai masyarakat Ujung Harapan dengan keturunannya. Luar biasa acara halal bihalal perdananya. Keturunan Mpi yang kumpul mewakili Trah Sirun, ternyata banyak yang telah menjadi 'orang'.


Anak cucunya meneladani kebaikan, kegigihan dan keuletan Mpi, serta meneladani kesabaran dan ketabahan beliau dalam berjuang dan bertahan hidup di masa yang sulit. Dan Alhamdulillah seperti yang sekarang terlihat, keturunan Mpi Sirun banyak yang telah menjadi tokoh di masyarakat. Cucu-cicitnya banyak yang telah menggali potensi kebaikan dan kecerdasan yang diturunkannya. Masyaa Allah Tabarakallah.


Masih banyak pertanyaan di benak saya tentang sosok Mpi ini. Yang jelas, Mpi pasti bukan orang sembarangan. Beliau adalah orang pilihan. Keturunannya telah membuktikan hal demikian.


Waktu masih kecil saya sering diajak ibu lebaran ke rumah encang-encang atau cucu-cucunya Mpi atau sepupu-sepupu aba saya.


Saya pernah lebaran ke rumah Encang Aji Mukhtar, Encang Aji Rohimah dari Klan Sarbinih di kampung dua ratus. Meski ga rutin tiap tahun, minimal saya tahu punya sedara di sono. Cang Rohimah ini nikah sama Cang Aji Syatiri yang punya toko buku pertama di Pasar Proyek (sekarang Lotte).


Kalo Cang Aji Hanifah binti Sarbinih, walau rumahnya deket, tapi udah meninggal. Jadi kaga didatengin. Kudunya mah anak-anaknya Cang Hanifah yang lebaran ama Baba saya yak.


Kalo lebaran ke rumah Cang Aji Senah dari Klan Tabranih hampir setiap tahun. Cang Senah ini mertuanya Kyai Madrais, suaminya Mpo Aji Ilal, yang punya pesantren Darul Amal di Buni. Rumahnya deket. Masih wilayah Annur ama Nurul Iman. Jalan kaki ge' jadi. (Emang dulu ma' kaga ada motor apanan).


Eiya, sebelum ke rumah Cang Senah, saya mampir ke rumah Cang Aji Marhanih. Suami beliau, Cang Romelih berasal dari Klan Tarmajih. Cang Marhanih ini deket banget ama ibu saya. Beliau sayang banget ama ibu udah kaya anak sendiri. Kalo saya dateng dipelukin mulu kaya cucu kesayangan. Wkwk.


Dari rumah Cang Marhanih lanjut ke rumah Cang Aji Senah. Lalu melipir ke rumah Cang Aji Ramelan, Cang Aji Sya'ban, Cang Aji Sabenih, juga dari Klan Tarmajih. Rumahnya ada di butekan Attaqwa deket rumah Guru Sa'duddin.


Kadang didatengin semua, kadang kaga. Tapi seringnya didatengin sih. Dulu jalanan masih adem, masih banyak pohon. Di tengah jalan suka ketemu rombongan keluarga yang mao lebaran juga. Langsung dah kita pada salam-salaman. Hangat penuh kekeluargaan.

Resep bet.

Kalo dari Klan Salbiyah, saya lebarannya ke rumah Cang Aji Ilyasa atau Cang Caca di deket Kelurahan Bahagia. Saya ga tau abang mponya Cang Caca di mana rumahnya. Kaga kesaba saking udah kebanyakan sedara. Padahal mah kalo didetangin semua jadi resep yak.


Saya juga lebaran ke rumah Encang Aji Rosyidi, Cang Aji Rosyadah, Cang Aji Asur, Encang Aji Mahmud dari Klan Simin. Sekalian lebaran ke rumah Baba Gede saya (Baba Aji Qodir dari Klan Murdani di Kebalen).


Kalo di keluarga Kong Murdani, saya diajak aba lebaran ke semua sedaranya. Walaupun posisi aba lebih tua, beliau menggiring kami, anak-anaknya, silaturrahmi ke rumah abang dan adenya. "Biar kenal sodara," Gitu kata baba saya, H. Abdul Khoir/ Aji Sedun bin H. Murdani bin Sirun yang punya emak bernama Hj. Arfah binti H. Anwar bin H. Layu


Emang bener sih kata orang tua jaman dulu. Kalo kaga dikenal-kenalin, mungkin Trah Mpi Sirun udah bubar yak. Udah kaga ketauan pada di mana. Kemaren aja pas halal bihalal, keluarga yang udah pada ga ada kabarnya ternyata pada dateng. Mereka terharu karena masih bisa ketemu sodara-sodaranya yang sekian lama tak tahu rimbanya.


Apalagi yang udah jauh banget domisilinya, acara halbil ini jadi momen pulang kampung, setelah sekian puluh tahun terdegradasi dari kampung kakek nenek buyut sendiri.

Ihikss.

Mengharukan syekalih.

Masih lanjut cerita lebaran ke rumah encang yak.

Kalo ke Klan Mugenih, (anak dari dari Mak Silot), saya lebarannya ke rumah Mang Jarman ama Mang Jarmin. Ada di butekan Pasar Ciplak. Saya lupa pernah lebaran ke Klan Nani apa kaga. Mungkin pernah. Tapi sayanya kaga inget. Klan ini adanya di butekan Alinda Kaliabang Tengah. Termasuk salah satu Klan yang sempat 'menghilang' karena lama ga kedengeran kabarnya.


Trus saya lanjut lebaran ke rumah Kong Janur yang masih di butekan Pasar Ciplak. Trus ke rumah Mang Nasan Klan Sarmilih dari Mak Sam'ah. Entah kenapa saya manggilnya Mang Aji Nasan, bukan encang. Wkwk.


Tapi waktu itu saya ga paham beliau-beliau sepupu aba dari mana. Karena enyak babanya udah pada kaga ada. Cuma Kong Janur aja yang masih ada. Saya manggil beliau engkong karena posisinya sebagai mamangnya aba. Selebihnya sepupu semua.


Dan sepupu yang didatengi itu pun, hanya yang searah dilewati ketika lebaran. Biasanya rutenya dari Annur ke Ciplak trus ke arah Assalam, lewat jalan kampung, bukan jalan raya.

Segitu juga udah gempor gaess.

Jangan bayangin pake motor.

Kita tuh jalan kaki. Bari nenteng-nenteng dodol ama kue cina. 


Biasanya, buat satu rumah, ibu udah nyiapin masing-masing satu dodol ama dua kue cina. Kalo ada sepuluh rumah yang mao didatengin, gimana beratnya coba gaess. 


Dodol setenong aja beratnya udah sekilo. Belom kue cina-nya yang versi jumbo yang dibungkus pake daon. Jangan bayangin kue cina model sekarang. Kecil itu mah. Kue cina jaman dulu ma' gede-gede. Anteb dipegangnya. Tangan saya ampe pada mleyot nentengnya. Wakaka.


Makanya suka ngeluh kalo lebaran tuu. Udah mah cape jalan, pegel juga nenteng-nenteng gembolan.


Tapi waktu itu saya ama mpo dan ade saya tabah banget masa ...

Meskipun pegel, tapi hayo aja. Ga pernah nolak diajak lebaran. Padahal jaman dulu belom terlalu kapra dibagi angpau. Hanya orang tertentu aja yang ngasih. Tapi entah kenapa semangat bae ikut lebaran. Mungkin karena pake baju baru kali ya.


Padahal sayatuu kalo dibeliin baju suka kegedean. Kata ibu biar awet. Biar muat ampe gede. Haha. Tulung. 


Kalo pake celana atau rok, pinggangnya suka diiket pake tali rafia atau dipenitiin biar kaga kedodoran. Hahaha.


Beli sepatu juga suka kegedean. Dulu ma kapra banget bocah make sepatu ujungnya  disumpel kertas koran atau bujur biar jalannya kaga koplak-kaplek 🤣 tapi kan tetep aja ribed kalo pake sepatu yang kegedean gitu, jalannya jadi rada jingke 🤣


Ah elah, mengsedih nasib anak jaman delapan puluhan. 😂😂

Sampe di rumah encang-encang, saya ama mpo dan ade saya pada japluk. Kaga maen hape, kaga ngiatin ikan, kaga maen ayunan. Duduuuk aja ngikutin obrolan orang tua yang terlalu absurd buat anak kecil.


Diem aja duduk manis dan sopan. Kadang sambil nyemilin kue lebaran kalo doyan. Ga protes kecuali kalo kongkonya kelamaan.


Berarti anak zaman dulu sabar-sabar banget ya gaess?

Atau saya doang yang begitu? 

Gubrak! Haha.

Tapi saya ge' kalo kelamaan banget mah, suka narik-narikin baju ibu, trus kalo belom kelar juga ngobrolnya saya cubitin dikit-dikit biar ibu buru-buru bangun.


Andenya kalo diantepin bae, tuan rumah kongkonya bisa kaga kelar tujuh tanjakan tujuh turunan. Ibu saya ma' orangnya ga banyak omong. Seringnya jadi pendengar yang baik aja. Kaya saya. Eaaa


Dah ah, sekarang cerita halal bihalalnya.

Halal bihalal keluarga Mpi Sirun bin Sian bin Tubagus ini diadain di Kebalen, rumah Cang Idi (KH. Rosyidi).


Kita pada semangat banget pengen ketemu sedara-sedara yang kaya udah mati obor karena enyak babanya udah pada kaga ada.

Tapi pas ketemu, kita banyakan bingungnya. Kaga pada kenal soalnya. Kenalnya ama rombongan masing-masing aja.

Pas sambutan perwakilan keluarga lucu-lucu banget ngomongnya.

Ada yang grogi bilang baru ini megang sombok.

Ada yang ampe lupa nyebutin nama adenya sangking semangatnya.

Ada ketua panitia yang ngakunya paling ganteng. Eaaa.

Ada yang numplo bae di bangku bari makanin jeruk ama pisang. Wkwk.

Ampe ada yang sambutannya nyuruh brengkos tiga anak perawannya 🤣

Etdah jadi apa baee😂

Guyonan yang nyuruh brengkos anaknya itu bikin ngakak semua orang. Bikin keingetan bae ampe sekarang. Bang Guru Ajuddin kocak bet. Wakakaka.

Saya mikir, itu anaknya marah apa kagak dipromosiin babanya 🤣

Sayangnya sayatuu kaga bisa ikut makan bareng. Andenya mobil saya parkirnya paling belakang nutupin jalan.

Takutnya lagi enak-enak makan digeroin ada mobil yang mao pulang, jadinya kita makan di Udin Combo aja dah. Eh, malah ketemu Bang Guru H. Masudin bin H. Sabenih bin H. Tarmajih bin Sirun. Wkwkwk. Komplit amat nyebutnya. Kalo kaga ketemu beliau mah cerita ini saya skip. Wkwk.


Lah tapi ini berarti panitia masih punya utang ama sayah, belom kebagian makan jantung pisang soalnya. Haha. 


Sukses banget dah acara halal bihalal perdana Mpi Sirun ini. Keren tim ajag-ijignya. Bisa ngumpulin sekitar 400 orang dalam sekejap. 


Semua senang, semua girang, apalagi tuan rumah yang masyaa Allah baiknya. Rela rumahnya dijadiin tempat buat ngumpul ratusan orang. 


Makasih banget ya Encang Hj. Alawiyah, Bang Labib, Bang Jajang, Bang Firman, dan Neng Iyung. (Yang ga kesebut berarti saya ga liat). Luar biasa banget semuanya.


Angkat topi juga buat tim ajag-ijignya. Makasih udah berkorban waktu, tenaga, materi dan sebagainya. Mudah-mudahan jalinan persaudaraan yang mulai dikondusifkan ini semakin mengerucut menjadi sebuah Trah keluarga yang potensial dan semakin diperhitungkan dalam dunia persilatan.


Antara Kebalen dan Ujungharapan

22 Mei 2022 M

21 Syawal 1443 H



UMROH YUUUK... Bersama Ustadz H.NUR ANWAR AMIN,Lc (adjie nung) dibimbing langsung oleh beliau, Nyaman, Dilayani & Pembimbing Pofesional. Call aja di WA : 08161191890. bisa juga dilihat liputan selama perjalanan Ibadah Umroh bersamanya di Channel YouTube NUR ANWAR AMIN. Serat dengan sejarah, beribadah, fun, asyik dan bersaudara....