Cerpen Ngurus Orang Tua

Cerpen Ngurus Orang Tua

 Ngurus Orang Tua

#coretan_dianrehem


Kalo punya bayi, nangis, rewel, ga mau diem, apalagi kalo lagi sakit, kita pusing dan bingung serta cape tentu. Tapi kaga kesel.


Kalo orang tua yang nangis, ngeluh, rewel, kolokan, kita langsung lelah lahir batin. Cape dan kesel sekaligus. Karena orang tua itu biasanya cerewet. Ngomongnya kadang ga enak. Tetiba ngomel, tetiba ngejudge, tetiba nuduh, tetiba marah-marah atau tetiba nangis-nangis ga jelas. Ga semua sih. Tapi banyak. (Ortu saya ga cerewet, fyi).


Jelas lelah banget ngadepinnya, yekan.


Belom lagi urusan kita banyak. Bocah mao sekolah PR nya lupa belom dikerjain, mana kaos kakinya ilang sebelah, mana buku matematikanya ga tau kebintal di mana. Bocahnya udah manyun bae ngadat kaga mao kola.


Hadeeh. Ngadepin bocah satu doang pala kaya mao meledak.


Pala puyeng, ati kesel ama bocah, ditambah lagi orang tua lagi rewel nyeselin penyakitnya. Ngeluh, gerendeng, pagi-pagi ribut minta ini itu. Trus marah/ngomel karena permintaannya kaga diturutin. Persis bocah.


Ada orang tua yang banyak maonya. Pengen makan ini, pengen makan itu, pengen berobat kesono, pengen berobat kesitu, kaga cocok ama dokter onoh, pengennya ama dokter inih, yang ujung-ujungnya ntar sama bae, katanya, semua dokter kaga ada yang becus ngobatin penyakitnya 🤭😆😆


Namanya ge' aki-aki/nenek-nenek. Bebas aja dah apa bae dikata. Orang yang udah tua kan ga pernah salah. Kaga usah didebat. Percuma. Wkwk.


Tinggal kita aja yang kudu pinter-pinter ngelola perasaan. Jangan kesel. Jangan marah. Jangan diambil ati segala omongan yang ga enak. Kalo perlu tutup kuping. Ga usah didenger ocehan yang bikin emosi kita naek ke ubun-ubun.


Ngajarin ortu ma' susah. Lah pinteran beliau apanan. Udah makan asem ama garem duluan. Wkwk.


Mending ngajarin bocah, yekan. Kalo bocah ngelawan bisa kita pelototin. Lah kalo ortu dipelototin, yang ada kita jadi songong.


Diem aja udah kalo mereka lagi nyalah-nyalahin apa bae. Hwhw. Walaupun gondok, mari kita berjuang melawan keinginan untuk membantah dan mendebat yang udah tau kaga bakal ada hasilnya. 

Hiyahiyahiya ((bukan suara kuda ya 😂))


Dan itu beneran susah. Nahan ucapan itu susah. Nahan keinginan buat marah-marah itu sulit. Buanget.



Makanya kalo ada temen yang curhat, ngeluhin orang tuanya, jangan disuruh sabar karena kita ga tau dia udah bersabar dari kapan tau.


Dia hanya butuh menyampaikan unek-unek. Butuh tempat mengeluarkan emosi. Dengerin aja dengerin. 


Apalagi kalo orang tuanya sakit yang berkepanjangan. Yang kondisinya kudu dilayani semua. Kita ga usah bilang sabar karena dia udah menjalani itu sehari-harinya. Kita hanya kudu support, hibur hatinya, ajak ketawa, ajak ngopi, biar harinya lebih enteng. Udah gitu doang.


Kecuali kalo kita mau bantuin ngurus ortunya. Ya mangga.


Jangan ampe ni ya, temen yang kondisinya lagi kaya gitu malah diceramahin. Kita bilangin harus begini begitu, jangan begini jangan begitu. 


Cape deh.


Atau pas dia curhat, kita malah bandingin kondisi dia ama si anu. Owalah. Tambah nyesek aja udah. Wkwk 


Dia juga tau kok. Udah paham. Dia cuma butuh mencurahkan rasa. Jangan dinasehatin. Jangan dihakimi. Kecuali kalo dia minta solusi dan minta nasehat.


Karena ngurus ortu itu emang butuh kesabaran 'ekstra dan luar biasa.' Apalagi ngurus ortu yang rewel bin bawel. Wuihh, berat banget itu. Kalo kalem sih masih mendingan. Ahaha.


Yang bikin lelah itu kan, karena terkontaminasi energi negatifnya. Gimana coba rasanya dengerin orang ngeluh seharian? 


Enak gak?


Apalagi kalo setiap hari, sepanjang bulan, sepanjang tahun harus ngadepin itu-itu lagi.


Energi positif kita pasti tercerabut. Digantikan oleh masuknya energi negatif. Jadi rungsing. Bawaannya kesel, pengen marah-marah, pengen nangis. Jadi kaga puguh. Apalagi kalo lagi PMS, semuanya jadi terlihat semakin mengesalkan. 


Yang tadinya liat laki naro anduk di kasur biasa aja, tetiba jadi kesel ampe pengen ngamuk.

Wkwk.


Laki yang kaga paham biasanya balik marah. "Tibang urusan SEPELE doang ngamuk!!" SEPELE katanya.

Hhhhhh. Jadi pengen nonjok tembok yekan.


Tambah lelah lahir batin aja udah.


Makanya emak-emak butuh refresh. Sekedar makan bakso di luar, atau duduk-duduk makan cilok di taman tanpa direcokin bocilnya. Penting banget itu biar dia tetep waras. Harus sering me time biar ga stres ngadepin hari-hari beratnya.

13 September 2022



UMROH YUUUK... Bersama Ustadz H.NUR ANWAR AMIN,Lc (adjie nung) dibimbing langsung oleh beliau, Nyaman, Dilayani & Pembimbing Pofesional. Call aja di WA : 08161191890. bisa juga dilihat liputan selama perjalanan Ibadah Umroh bersamanya di Channel YouTube NUR ANWAR AMIN. Serat dengan sejarah, beribadah, fun, asyik dan bersaudara....

Umroh MAULID NABI SAW Yuuk.. 10 Hari. Berangkat 3-11 Oktober 2022 by Pesawat GARUDA INDONESIA Landing Jeddah, langsung menuju kota Makkah terlebih dahulu dengan mengambil Miqot Umroh di masjid Sayyidah Aisyah Tan'im. Hotel Makkah Tower Bintang lima dengan 4 kali umroh Miqot (Umroh Pertama Miqot di Tan'im, Umroh kedua Miqot di Hudaibiyah, Umroh ketiga Miqot di Ji'ronah dan Qornul Manazil).
Yang Minat SEGERA DAFTAR karena Seat Hanya 45 WA : 08161191890

Bismillah Moga Allah Ridhoi Setiap Langkah Menuju RumahMU... 
YUUUK... SEGERA DAFTAR UMROH 

UMROH Plus THOIF
UMROH MAULID NABI SAW
(9 Hari) 
WAC & AZW TRAVEL
SEGERA DAFTAR...!!!
Dibimbing Langsung :
Oleh : H. Nur Anwar Amin, Lc 
Pim. Wafizs Al-Amin Centre Bekasi.
-------------------------------------
✈️ Maskapai
GARUDA INDONESIA Landing Jeddah. Take Off  Madinah
Keberangkatan :
3-11 Oktober 2022 
-------------------------------------
Hotel Mekkah : Tower makkah
Hotel Madinah : Grand Plaza
Hotel Jeddah : Iridium
Harga Rp 32 Jt

Include
1. Tiket Pesawat PP
2. Visa Umrah
3. Bus Full AC
4. Hotel Makkah/Madinah
5. Pembimbing
6. Muthawwif
7. Makan 3x Sehari Fullboard
8. Snack Perjalanan
9. Air Zamzam Bila Diizinkan
10. Manasik

Exclude :
1. Biaya Passport
2. Suntik Meningitis
3. Biaya Domestik 
4. Biaya PCR Test Saudi  dan Jakarta Apabila Diharuskan
5. Kelebihan Bagasi
6.  Keperluan Pribadi (Laundry, dll)
7. Makan, Minum serta Tour Di Luar Program. 
8. Biaya Perlengkapan 

Contact Person 
08161191890 Adjie Nung