Khutbah Jumat (Edisi 102) Tema : “Bisa Jadi Ini Ramadhan Terakhir Untuk Kita”

Khutbah Jumat (Edisi 102) Tema : “Bisa Jadi Ini Ramadhan Terakhir Untuk Kita”

 

Wafizs Al-Amin Center
“Berbagi Cahaya Diatas Cahaya”
Khutbah Jumat (Edisi 102) Tema  :

“Bisa Jadi Ini Ramadhan Terakhir Untuk Kita”
Oleh : Nur Anwar Amin (adjie nung)
Alumni Universitas Al-Azhar Mesir, Alumni Pondok Pesantren Attaqwa KH.Noer Alie Bekasi dan Ketua Yayasan Wafizs Al-Amin Center Bekasi. Mohon Kirim Donasi Anda : Zakat, Infaq, sedekah & Wakaf untuk Pembangunan Asrama Yatim & Dhuafa ke No. Rek.7117.8248.23 (BSI) a.n. Yayasan Wafizs Al-Amin Center. Donasi Anda sangat membantu meringankan beban mereka.
WA : +628161191890
klik aja adjie nung di Link YouTube, Instagram & Facebook
Khutbah ini disampaikan di Masjid JAMl’ ARIF Perum Pejuang Kota Bekasi. Jumat, 07 April 2023 M/16 Ramadhan 1444 H.


مَعَاشِرَ الْمُسْلِمِيْنَ رَحِمَكُمُ الله  

Semangatlah dalam mengisi amaliah bulan Ramadhan tahun ini karena bisa jadi Ramadhan kali ini terakhir untuk kita, tidak ada jaminan Ramadhan tahun akan datang kita bisa berjumpa lagi, tidak ada jaminan usia kita sampai hari esok. Hari ini kita masih hidup, bisa jadi esok kita sudah menghadap Ilahi, hari ini kita masih berkuasa, esok belum tentu kita sudah tidak berdaya.


Mati tidak mengenal usia, yang muda pasti mati, yang tua pun sudah semakin dekat dengan mati, yang sakit mati yang sehat pun bisa mati, yang kaya mati yang miskin pun mati, pejabat mati rakyat biasa pun mati. Kematian itu sangat dekat dengan kita, sudah siapkah jika kematian menjemput kita, bekal apa yang kita sudah siapkan, sudah seberpa banyak amal sholeh yang sudah kita perbuat, karena tidak seorang pun yang lari dari kematian.

قُلْ إِنَّ الْمَوْتَ الَّذِي تَفِرُّونَ مِنْهُ فَإِنَّهُ مُلَاقِيكُمْ ثُمَّ تُرَدُّونَ إِلَى عَالِمِ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ فَيُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُونَ

“Katakanlah: “Sesungguhnya kematian yang kamu lari daripadanya, maka sesungguhnya kematian itu akan menemui kamu, kemudian kamu akan dikembalikan kepada (Allah), yang mengetahui yang ghaib dan yang nyata, lalu Dia beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.” (QS. Jumu’ah: 8).


أَيْنَمَا تَكُونُوا يُدْرِكُكُمُ الْمَوْتُ وَلَوْ كُنْتُمْ فِي بُرُوجٍ مُشَيَّدَةٍ

“Di mana saja kamu berada, kematian akan mendapatkan kamu, kendatipun kamu di dalam benteng yang tinggi lagi kokoh.” (QS. An Nisa’: 78).


Dunia yang begitu indah akan kita tinggalkan, kendaraan mewah, rumah megah, kedudukan tinggi, istri, sanak keluarga yang sangat kita sayangi pun akan kita tinggalkan. Cukup kematian menjadi nasehat terbaik untuk kita karena kita semua pasti akan menjemput kematian, cukup jadikan dunia sebagai lahan mencari bekal, alam akhiratlah tempat akhir abadi kita.

عَنْ عَمَّار بْنَ يَاسِرٍ , يَقُولُ: «كَفَى بِالْمَوْتِ وَاعِظًا , وَكَفَى بِالْيَقِينِ غِنًى , وَكَفَى بِالْعِبَادَةِ شُغْلًا»

“Cukuplah kematian sebagai nasihat, keyakinan sebagai kekayaan dan ibadah sebagai kesibukan.” (HR. Baihaqi).


مَعَاشِرَ الْمُسْلِمِيْنَ رَحِمَكُمُ الله

Ada 3 nasehat yang harus disegerakan sebelum ajal menjemput.

Pertama, Segera Bertaubat.

Dosa-dosa yang begitu banyak kita lakukan sehingga membuat kita semakin takut dengan kematian, padahal kita tahu kita pasti mati. Untuk menghapus semua dosa mekipun sebanyak buih dilautan adalah dengan segera bertaubat karena dengan taubat pasti dosa kita Allah maafkan. Allah swt berfirman,

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا تُوبُوا إِلَى اللَّهِ تَوْبَةً نَصُوحًا

“Hai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kepada Allah dengan taubatan nasuhaa (taubat yang semurni-murninya).” (QS. At Tahrim: 8).

وَهُوَ الَّذِي يَقْبَلُ التَّوْبَةَ عَنْ عِبَادِهِ وَيَعْفُو عَنِ السَّيِّئَاتِ

“Dialah Allah yang menerima taubat dari hamba-hambaNya dan Maha mengampuni berbagai kesalahan.” (QS. Asy Syuura: 25).

إِنَّ اللَّهَ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ جَمِيعًا إِنَّهُ هُوَ الْغَفُورُ الرَّحِيمُ

“Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dia-lah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. Az Zumar: 53-54).

وَمَن تَابَ وَعَمِلَ صَالِحاً فَإِنَّهُ يَتُوبُ إِلَى اللَّهِ مَتَاباً

“Dan barang siapa yang bertaubat dan beramal saleh maka sesungguhnya Allah akan menerima taubatnya.” (QS. Al Furqaan: 71).


Hanya keberuntungan yang didapatkan bagi orang yang selalu bertaubat. Allah swt berfirman

وَتُوبُوا إِلَى اللَّهِ جَمِيعاً أَيُّهَا الْمُؤْمِنُونَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ

“Dan bertaubatlah kepada Allah wahai semua orang yang beriman, supaya kalian beruntung.” (QS. An Nuur: 31).


Kedua, Segera Lakukan Amal Sholeh.

Jangan menunda melakukan amal sholeh selagi usia kita masih Allah beri hidup karena dengan amal sholeh akan bisa mengantarkan kita bisa berjumpa dengan Allah swt.

 فَمَنْ كانَ يَرْجُوا لِقاءَ رَبِّهِ فَلْيَعْمَلْ عَمَلًا صالِحاً وَلا يُشْرِكْ بِعِبادَةِ رَبِّهِ أَحَداً

“Barang siapa yang mengharapkan bertemu Tuhannya maka hendaklah melakukan amal shalih dan janganlah menyekutukan ibadah terhadap Tuhannya dengan suatu apapun.” (QS al-Kahfi: 110).


Coba perhatikan, setiap amal sholeh yang kita lakukan pasti balasan surga dari Allah swt.

إِلَّا مَن تَابَ وَآمَنَ وَعَمِلَ صَالِحاً فَأُوْلَئِكَ يَدْخُلُونَ الْجَنَّةَ وَلَا يُظْلَمُونَ شَيْئاً

“Kecuali orang-orang yang bertaubat di antara mereka, dan beriman serta beramal saleh maka mereka itulah orang-orang yang akan masuk ke dalam surga dan mereka tidaklah dianiaya barang sedikit pun.” (QS. Maryam: 59, 60).

Allah swt berfirman,

إِنَّ الَّذِينَ آَمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ أُولَئِكَ هُمْ خَيْرُ الْبَرِيَّةِ (7) جَزَاؤُهُمْ عِنْدَ رَبِّهِمْ جَنَّاتُ عَدْنٍ تَجْرِي مِنْ تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ خَالِدِينَ فِيهَا أَبَدًا رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمْ وَرَضُوا عَنْهُ ذَلِكَ لِمَنْ خَشِيَ رَبَّهُ (8)

“Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh, mereka itu adalah sebaik-baik makhluk. Balasan mereka di sisi Rabb mereka ialah surga ‘adn yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Allah ridha terhadap mereka dan mereka pun ridha kepada-Nya. Yang demikian itu adalah (balasan) bagi orang yang takut kepada Rabbnya.” (QS. Al Bayyinah: 7-8).


Dengan amal sholeh pula Allah beri rezeki terbaik yaitu surga,

وَمَنْ يُؤْمِنْ بِاللهِ وَيَعْمَلْ صَالِحًا يُدْخِلْهُ جَنَّاتٍ تَجْرِي مِنْ تَحْتِهَا الأَنْهَارُ خَالِدِينَ فِيهَا أَبَدًا قَدْ أَحْسَنَ اللهُ لَهُ رِزْقًا

“Dan barangsiapa beriman kepada Allah dan mengerjakan amal yang saleh niscaya Allah akan memasukkannya ke dalam surga-surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai; mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Sesungguhnya Allah memberikan rezeki yang baik kepadanya.” (QS. Ath-Thalaq: 11).


Surga yang paling utama dan paling tinggi adalah surga Firdaus. Dari Abu Hurairah ra, ia berkata bahwa Rasulullah saw bersabda,

إِنَّ فِى الْجَنَّةِ مِائَةَ دَرَجَةٍ أَعَدَّهَا اللَّهُ لِلْمُجَاهِدِينَ فِى سَبِيلِهِ ، كُلُّ دَرَجَتَيْنِ مَا بَيْنَهُمَا كَمَا بَيْنَ السَّمَاءِ وَالأَرْضِ ، فَإِذَا سَأَلْتُمُ اللَّهَ فَسَلُوهُ الْفِرْدَوْسَ ، فَإِنَّهُ أَوْسَطُ الْجَنَّةِ وَأَعْلَى الْجَنَّةِ ، وَفَوْقَهُ عَرْشُ الرَّحْمَنِ ، وَمِنْهُ تَفَجَّرُ أَنْهَارُ الْجَنَّةِ

“Sesungguhnya di surga itu ada 100 tingkatan yang telah Allah janjikan bagi para mujahid di jalan Allah. Jarak antara dua tingkatan adalah bagaikan jarak antara langit dan bumi. Jika kalian ingin meminta pada Allah, mintalah surga Firdaus. Surga Firdaus adalah surga yang paling utama dan paling tinggi, di atasnya adalah ‘Arsy Ar-Rahman, darinya pula mengalir sungai surga.” (HR. Bukhari).


Orang-orang yang akan masuk dalam surga Firdaus adalah  yang telah Allah swt sebutkan dalam QS. Al-Mu’minun: 1-11. setelah mereka melakukan amal sholeh.

قَدْ أَفْلَحَ الْمُؤْمِنُونَ (1) الَّذِينَ هُمْ فِي صَلَاتِهِمْ خَاشِعُونَ (2) وَالَّذِينَ هُمْ عَنِ اللَّغْوِ مُعْرِضُونَ (3) وَالَّذِينَ هُمْ لِلزَّكَاةِ فَاعِلُونَ (4) وَالَّذِينَ هُمْ لِفُرُوجِهِمْ حَافِظُونَ (5) إِلَّا عَلَى أَزْوَاجِهِمْ أَوْ مَا مَلَكَتْ أَيْمَانُهُمْ فَإِنَّهُمْ غَيْرُ مَلُومِينَ (6) فَمَنِ ابْتَغَى وَرَاءَ ذَلِكَ فَأُولَئِكَ هُمُ الْعَادُونَ (7) وَالَّذِينَ هُمْ لِأَمَانَاتِهِمْ وَعَهْدِهِمْ رَاعُونَ (8) وَالَّذِينَ هُمْ عَلَى صَلَوَاتِهِمْ يُحَافِظُونَ (9) أُولَئِكَ هُمُ الْوَارِثُونَ (10) الَّذِينَ يَرِثُونَ الْفِرْدَوْسَ هُمْ فِيهَا خَالِدُونَ (11)

“Sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang beriman (1), (yaitu) orang-orang yang khusyu’ dalam shalatnya (2), dan orang-orang yang menjauhkan diri dari (perbuatan dan perkataan) yang tiada berguna (3), dan orang-orang yang menunaikan zakat (4), dan orang-orang yang menjaga kemaluannya (5), kecuali terhadap isteri-isteri mereka atau budak yang mereka miliki, maka sesungguhnya mereka dalam hal ini tiada terceIa (6). Barangsiapa mencari yang di balik itu maka mereka itulah orang-orang yang melampaui batas (7). Dan orang-orang yang memelihara amanat-amanat (yang dipikulnya) dan janjinya (8). dan orang-orang yang memelihara shalatnya (9). Mereka itulah orang-orang yang akan mewarisi (10), (yakni) yang akan mewarisi surga Firdaus. Mereka kekal di dalamnya (11)”. (QS. Al-Mu’minun: 1-11).


Ketiga, Segera Minta Dimudahkan Saat Sakaratulmaut dan hHusnul Khotimah.

Kondisi yang juga sangat menakutkan adalah saat kita menghadapi sakaratul maut, maka sering-seringlah berdoa agar Allah mudahkan peroses pencabutan ruh kita dari jasad kita.

اَللهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا فِىْ سَكَرَاتِ الْمَوْتِ وَالنَّجَاةَ مِنَ النَّارِ وَالْعَفْوَ عِنْدَ الْحِسَابِ

"Ya Allah, ringankanlah kiranya dalam sakaratul maut, dan selamatkanlah kiranya dari siksa neraka dan dapatkan kami ampunan pada hari hisab (perhitungan)."

Doa yang diajarkan Rasulullah saw.

اللَّهُمَّ اجْعَلْ خَيْرَ عُمْرِي آخِرَهُ ، وَخَيْرَ عَمَلِي خَوَاتِمَهُ ، وَخَيْرَ أَيَّامِي يَوْمَ أَلْقَاكَ

“Ya Allah, jadikanlah sebaik-baik umurku pada ujungnya, dan jadikan sebaik-baik amalku pada akhir hayatku, dan jadikan sebaik-baik hariku pada saat aku bertemu dengan-Mu (di hari kiamat).” (HR. at-Thabrani).


Doa yang diajarkan Imam Abdullah bin Alwi Al-Haddad:

اَللّهُمَّ اخْتِمْ لَنَا بِاْلاِسْلاَمِ وَاخْتِمْ لَنَا بِاْلاِيْمَانِ وَاخْتِمْ لَنَا بِالْخَيْرِ وَاخْتِمْ لَنَا بِالسَّعَادَةِ وَاخْتِمْ لَنَا بِحُسْنِ الْخَاتِمَةِ

“Ya Allah akhirilah hidup kami dengan Islam, dengan membawa iman, dengan kebaikan, dengan kebahagiaan dan dengan husnul khotimah”.


مَعَاشِرَ الْمُسْلِمِيْنَ رَحِمَكُمُ الله

Rasa takut dengan kematian pasti dirasakan semua manusia, apalagi jika kita belum siap bekal untuk kita bawa, karenanya terus berusaha melakukan amal sholeh sebanyak-banyaknya agar saat kematian datang kapan saja kita siap bertemu dengan Allah swt. Terutama dibulan Ramadhan kali ini anggaplah ini Ramadhan terkahir untuk kita agar kita tidak menyia-nyiakan kesempatan ini. Rasulullah saw bersabda:

وَرَغِمَ أَنْفُ رَجُلٍ دَخَلَ عَلَيْهِ رَمَضَانَ ثُمَّ انْسَلَخَ قَبْلَ أَنْ يُغْفَرَ لَهُ

“Celakalah seorang hamba yang berjumpa dengan bulan Ramadhan, kemudian Ramadhan berakhir dalam keadaan belum diampuni dosa-dosanya.” (HR. At-Tirmidzi).

بَارَكَ اللهُ لِي وَلَكُمْ فِي الْقُرْآنِ الْعَظِيْمِ. وَنَفَعَنِي وَاِيِّاكُمْ بما فيه مِنَ الآيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيْمِ. وَتَقَبَّلْ مِنِّيْ وَمِنْكُمْ تِلاوَتَهُ اِنّهُ هُوَ السَّمِيْعُ اْلعَلِيْمُ. فَاسْتَغْفِرُوْا اِنَّهُ هُوَاْلغَفُوْرُ الرَّحِيْم

 

Tulisan ini tuk In Memoriam Sahabat saya (alm) KH. DR. THOYYIB BAKHTIAR,MA yang telah berpulang ke Rohmatullah pada hari Selasa, 4 April 2023 bertepatan 13 Ramadhan 1444 diperjalanan antara kota Madinah menuju kota Makkah saat beliau sedang berihrom umroh melaksanakan ibadah umroh full Ramadhan (10 hari di Madinah 20 hari di Makkah). Doa terbaik saya panjatkan kepada Allah sahabat saya min ahlil khoir, Jannah hanya untuk mu ya Robb. Pahala Umroh Ramadhan adalah setara dengan pahala haji bersama Rasulullah saw. Ini nasehat yang sangat mahal untuk saya pribadi karena pasti kita akan menyusul hanya menunggu antrian saja. Semoga kita semua Allah karunia orang yang mati husnul khotimah dan ditempatkan dalam surga Firdaus Allah swt. Amiiiin ya Allah.






Yuuuk SILAKAN SEGERA DAFTAR UMROH SYAWAL 1444/2023 Hanya di Kantor Yayasan Wafizs Al-Amin Center Jl. Gudang Bin Ali no.73 Kelurahan Bahagia Kecamatan Babelan Kabupaten Bekasi 17612 WA : +628161191890 atau Klik lengakapnya di nuranwaramin.com

Follow US : IG @adjienung, Facebook adjie nung, YouTube : Nur Anwar Amin dan IG @wafizscenter

Motto :

Nyaman, Dilayani & Pembimbing Profesional

“Berbagi Cahaya Diatas Cahaya”

 Umroh Bulan Syawal pun SUDAH READY Yaaa, 10 Hari (1 hari di Jeddah, 4 hari di Makkah, 3 hari di Madinah dan PP  hari). YUUUK Cepetan yang Minat Umroh di 2 Syawal, Berangkat di dua hari Raya Idul Fitri langsung Take off Menuju Kota Jeddah



YUUUK  BERWAKAF Di Yayasan Wafizs Al-Amin Center Bekasi Sedang Pembebasan Tanah Wakaf Untuk Pembangunan Masjid dan Majlis Taklim, Yang Berminat SEGERA BERWAKAF, Catet Nomor Rekening Yayasan Wafizs Al-Amin Center.  7117.8248.23 (BSI) a.n. Yayasan Wafizs Al-Amin Center.