Cerpen : Maulid Di Ujung Malang

Cerpen : Maulid Di Ujung Malang

 Maulid Di Ujung Malang

#coretan_dianrehem


Maulid di Ujung Harapan (Jumalang) selalu seru. Semua rumah bikin nasi uduk buat orang yang dateng maulid. 


Waktu saya kecil, ngidangnya pake nampan. Belom ada besek. Ibu saya ngidang ampe empat puluh nampan. Lauknya semur daging, lengkap dengan oseng buncis dikuningin, (belon kapra kentang sambel ati), ditaroin taburan bawang goreng, taburan irisan cabe merah yang udah digoreng bentar, mentimun, ampe kerupuk dan sambel kacangnya yang syedap sekalih.


Ibu bangun dari jam dua pagi dibantu ama asistennya. Langsung marud kelapa buat diambil santennya. Srek srek srek. Iramanya khas, manual banget. Resep liatnya. Jam segitu warung yang punya penggilingan kelapa pada tutup. Jaman dulu kaga ada kulkas apanan. Jadi semua serba dadakan. 


Saya suka nyoba bantuin marud, tapi sering kepeleset tangannya, akibatnya jari tangan pada luka. Perih bet. Tapi kaga kapok. Gkgk.


Ibu saya bikin nasi uduknya masih pake dandang ama kukusan. Poncot kukusan ditaroin cempra, cengkeh, kayu manis, pala, ama apa lagi tau dah saya lupa. 


Poncot tau poncot? Wkwk.


Bikin nasinya juga adil banget. Berasnya kudu dicuci ampe bersih banget, trus direndem, trus diaronin pake santen, sereh, ama salam. Baru dah dikukus. Entah itu berapa kali ngaron ama ngukus. Karena bikinnya ampe tiga gantang. Wkwk. 

.

Kalo udah mateng, nasinya diangi pake centong kayu, (dikipas-kipasin bari diaduk di bakul khusus), baunya enaaaak bangeeeett. Wangi syekalih. Nganginya juga ditetesin minyak bekas goreng bawang, minyaknya dikit aja biar ga lengket dan semakin sedep wangi nasinya.


Aduh, nasi uduk Jumalang juara banget dah. Istimewa pisan. Sedara saya yang jauh pasti pada ngumpul di rumah. Sayang dah kalo momen ini dilewatin.


Makanya ibu masaknya banyak banget. 


Btw orang dulu sanggup banget ngidang ampe segitu yak. Satu nampannya kan buat tiga orang. Jadi tiap nampan, semur dagingnya ada tiga potong. Potongannya gede-gede, lagi. Kaga abal-abal kaya warung nasi Padang sepuluh rebuan. Eeh, wkwk.


Dulu saya ngeliatnya biasa aja. Emang tiap taun kaya gitu. Ga aneh ngidang sebanyak itu. Kalo sekarang baru nyadar, itutuu banyak banget. Haha.


Semur daging itu emang ciri khas orang Jumalang. Jadi jangan disuruh ganti pake rendang. Kaga resep laa.


Panitia maulid nyerahin ke masing-masing rumah sanggupnya ngidang berapa. Ada yang sanggup sepuluh nampan, ada yang sanggupnya lima, beda-beda. Ibu saya emang kebuatan rajin orangnya. Ama gawean kaga ada ogahnya. Duitnya juga ada. Ahay.


Kalo sekarang sih paling banter ngidangnya dua puluh besek. Itu pun satu besek buat satu orang. Yang masak bukan ibu saya lagi. jadi kurang sedep rasa nasinya. *Kata anak yang kangen masakan emaknya. Hehe.


Dulu, tugas saya dan teteh banyak. Kita mendedikasikan diri jadi asisten buat disuruh-suruh. Saya manggil Mpok saya teteh, karena ibu saya orang Sunda. Kaga biasa manggil Mpok. 


Kita bedua pasti bolak-balik ke warung, beli-beli yang kurang, trus bantuin ngupasin bawang, trus goreng kerupuk, kalo goreng bawang mah belon bisa, takut gosong, sampe bertugas ngaduk-ngaduk semur daging yang masyaa Allah lama banget matengnya. Diaduk-aduk sesekali biar ketauan kering apa kaga aernya.


Presto mana presto. Haha.


Abis sholat subuh, saya dan teteh sibuk bantuin nyiapin segala keperluan buat ngidang. Sebanyak itu harus kelar sebelum jam enam pagi. Trus langsung dianterin ke masjid Annur, nanti dari Annur baru dah dibawa ke masjid Attaqwa. Lumayan banget itu bolak balik nganterin nampan dari rumah ke masjid. Berat Cing. Ga bisa bawa sekaligus. 


Nanti siangan dikit kita berangkat dah ke Attaqwa buat ngikutin acara maulid. Ngeliat orang-orang pada berebut makan di nampan Hidangan, kita mah kalem aja. Di rumah ge' banyak. Haha.


Kalo dulu orang mulid pada makan di tempat karena nampannya ga boleh dibawa pulang. Kalo sekarang pake besek, jadi boleh dibawa. 


Orang luar kan emang niat datengnya, salah satunya, pengen makan nasi uduk made in Jumalang yang rasanya ngangenin kaya sayah. Eeaaa. 


Nyok dah besok Sabtu kita mulid. Resep banyak ketemu temen ama sedara. Banyak tukang dagang ongkoh. Bisa silaturrahim sambil belanja ama dengerin ceramah. Mao nyari apa ge' ada, nyari kopi gratis ada, nyari dodol Jumalang ada. Syukur-syukur kebagian nasi uduknya. Kalo kaga kebagian, ya udah sih jangan ngomelin sayah. Hahaha.


Pura-pura tidur.


















UMROH YUUUK... Bersama Ustadz H.NUR ANWAR AMIN,Lc (adjie nung) dibimbing langsung oleh beliau, Nyaman, Dilayani & Pembimbing Pofesional. Call aja di WA : 08161191890. bisa juga dilihat liputan selama perjalanan Ibadah Umroh bersamanya di Channel YouTube NUR ANWAR AMIN. Serat dengan sejarah, beribadah, fun, asyik dan bersaudara....

Umroh MAULID NABI SAW Yuuk.. 10 Hari. Berangkat 3-11 Oktober 2022 by Pesawat GARUDA INDONESIA Landing Jeddah, langsung menuju kota Makkah terlebih dahulu dengan mengambil Miqot Umroh di masjid Sayyidah Aisyah Tan'im. Hotel Makkah Tower Bintang lima dengan 4 kali umroh Miqot (Umroh Pertama Miqot di Tan'im, Umroh kedua Miqot di Hudaibiyah, Umroh ketiga Miqot di Ji'ronah dan Qornul Manazil).
Yang Minat SEGERA DAFTAR karena Seat Hanya 45 WA : 08161191890

Bismillah Moga Allah Ridhoi Setiap Langkah Menuju RumahMU... 
YUUUK... SEGERA DAFTAR UMROH 

UMROH Plus THOIF
UMROH MAULID NABI SAW
(9 Hari) 
WAC & AZW TRAVEL
SEGERA DAFTAR...!!!
Dibimbing Langsung :
Oleh : H. Nur Anwar Amin, Lc 
Pim. Wafizs Al-Amin Centre Bekasi.
-------------------------------------
✈️ Maskapai
GARUDA INDONESIA Landing Jeddah. Take Off  Madinah
Keberangkatan :
3-11 Oktober 2022 
-------------------------------------
Hotel Mekkah : Tower makkah
Hotel Madinah : Grand Plaza
Hotel Jeddah : Iridium
Harga Rp 32 Jt

Include
1. Tiket Pesawat PP
2. Visa Umrah
3. Bus Full AC
4. Hotel Makkah/Madinah
5. Pembimbing
6. Muthawwif
7. Makan 3x Sehari Fullboard
8. Snack Perjalanan
9. Air Zamzam Bila Diizinkan
10. Manasik

Exclude :
1. Biaya Passport
2. Suntik Meningitis
3. Biaya Domestik 
4. Biaya PCR Test Saudi  dan Jakarta Apabila Diharuskan
5. Kelebihan Bagasi
6.  Keperluan Pribadi (Laundry, dll)
7. Makan, Minum serta Tour Di Luar Program. 
8. Biaya Perlengkapan 

Contact Person 
08161191890 Adjie Nung