Tahlil : " Mati Saat Melahirkan Diusia Muda, lni Pahalanya…”

Tahlil : " Mati Saat Melahirkan Diusia Muda, lni Pahalanya…”

 

Wafizs Al-Amin Center
“Berbagi Cahaya Diatas Cahaya”
(almh) Ustadzah Maisyaroh Binti (alm) Bapak Wardi 

Mati Saat Melahirkan Diusia Muda, lni Pahalanya…”
Oleh : Nur Anwar Amin (adjie nung)


1 Desembr 2022. (almh) adalah sosok wanita yang sangat kuat, pekerja keras, banting tulang membantu perekonomian suaminya, setiap hari waktunya dihabiskan untuk bekerja, dari pagi-pagi buta rata sampai pukul 15.00 sore (almh) sudah berangkat mengajar sekolah formal di wilayah Taman Wisma Asri Kota Bekasi membaktikan ilmunya agar bermanfaat karena telah susah payah belajar menimba ilmu agama di Pondok Pesantren Attaqwa putri lulusan tahun 2011. Sepulang mengajar (almh) sudah harus masuk bekerja di Rumah Sakit sebagai perawat, setiap hari rutinitasnya seperti ini, “Mengajar dan Bekerja” terutama lagi saat-saat usia kandungannya sudah membesar 9 bulan pun masih tetap menjalankan rutinitas ini. Masya Allah (almh) benar-benar wanita super power.


Ketika di USG kandungannya ternyata (almh) mengandung bayi kembar laki-laki dan perempuan, bisa kita bayangkan betapa beratnya mengandung dengan dua bayi ditambah aktifitas yang cukup merayap dan dilakukan setiap hari. Pasti seneeng doong saat dokter menyatakan hamil dan mengandung bayi kembar sehingga membuat kedua orang tuanya ini tambah semangat mempersiapkan kehadirannya di dunia dengan penuh suka cita.


Qodarullah, Allah punya urusan, ternyata (almh) sudah kejang-kejang dirumahnya saat menjelang persalinan, langsung dibawa ke Rumah Sakit terdekat ditolak dengan alasan IGD full, terus dilarikan ke Rumah Sakit tempat (almh) memeriksa kandungannya tiap bulan pun ditolak dengan alasan yang sama dan dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) lalu diputuskan tuk di operasi sesar, opsinya agar bisa diselamatkan antara ibunya atau anaknya, (opsi yang sangaaat tidak mengenakkan…) lahirlah pada hari selasa anak pertamanya laki-laki selamat, lalu disusul lahir anak keduanya perempuan sudah tidak bernyawa lagi karena kondisi ibunya semakin lemah ada riwayat hipertensi, terserang paru-paru dan ginjal ibunya sehingga harus dimasukan ruang ICU ternyata juga Allah lebih sayang segalanya, selang satu hari tepatnya hari Rabu, ibunya pun tutup mata untuk selamanya menyusul anak perempuannya. Innalillahi wa inna ilaihi rojiun.  Hanya kepada Allah kita semua akan kembali.


Dimalam kedelapan tahlilan dirumah orang tuanya, dihadiri puluhan warga sekitar, para tetangga dan saudara turut membacakan doa, dzikir, tahlil dan tahmid dengan 8 kali khatam al-quran, 1 kali khatam kulhu dan 1 kali khatam suroh  al-lkhlas yang kesemuanya dihadiahkan untuk (almh).


Pelajaran penting untuk kita yang masih hidup, bekal yang akan kita bawa saat kita pun kelak kembali menghadap Allah selamanya karena Rasulullah saw telah berpesan “Cukup kematian jadi nasehat”. Inilah nasehat diberikan (almh) untuk kita.


Pertama, Profesi Nabi saw.

Bangga dan bahagia memilih profesi menjadi seorang guru karena ini merupakan profesi warisan dari Rasulullah saw, mampu mewarisi ilmu yang pasti pahalanya terus mengalir meski sang pengajar sudah wafat.  Nabi saw bersabda

 إِنَّمَا بُعِثْتُ مُعَلِّمًا

 "Sungguh, aku hanya diutus sebagai muallim (guru/pengajar)”. (HR.Ibnu Majah).

Jelas, profesi guru adalah profesi Rasulullah, dari sang gurulah anak bangsa bisa dapat ilmu, dari sang gurulah anak-anak muslim bisa mengenal agama islam sebagai warisan Nabi saw. berbahagialah setiap guru yang mukhlis mentransfer ilmunya lillah karena itu akan menjadi pahala terus mengalir yang dapat menemaninya di alam kubur, termasuk kebahagiaan yang dirasakan (almh) dengan kerja kerasnya sekuat tenaga, tidak kenal lelah untuk meneteskan  ilmu kepada murid-muridnya. “Pahala Mengalir yang engkau dapat, Ya Robb.”


Kedua, Profesi Sering Menolong Orang.

Salah satu profesi yang sering membantu orang lain dalam kesusahan adalah profesi sebagai perawat karena banyak sekali ditemui orang-orang dalam kesulitan. Nah ketika kita mampu memudahkan satu saja kesulitan dan kesusahan orang lain maka Allah pasti akan memudahkan kesulitan-kesulitan kita di hari kiamat  kelak. Nabi saw bersabda,

عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ رضي الله عنه قال, قال رسول الله صلى الله عليه وسلم قَالَ: مَنْ نَفَّسَ عَنْ مُؤْمِنٍ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ الدُّنيَا نَفَّسَ اللهُ عَنْهُ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ يَوْمِ اْلقِيَامَةِ، وَمَنْ يَسَّرَ عَلَى مُعَسِّرٍ يَسَّرَ اللهُ عَلَيْهِ فِيْ الدُّنْيَا وَالآَخِرَةِ، وَمَنْ سَتَرَ مُسْلِمَاً سَتَرَهُ اللهُ فِيْ الدُّنْيَا وَالآخِرَةِ، وَاللهُ فِيْ عَوْنِ الْعَبْدِ مَا كَانَ الْعَبْدُ فِي عَوْنِ أَخِيْهِ، وَمَنْ سَلَكَ طَريقَاً يَلْتَمِسُ فِيْهِ عِلْماً سَهَّلَ اللهُ لَهُ بِهِ طَرِيْقاً إِلَى الْجَنَّةِ، وَمَا اجْتَمَعَ قَوْمٌ فِي بَيْتٍ مِنْ بُيُوْتِ اللهِ يَتْلُوْنَ كِتَابَ اللهِ وَيتَدَارَسُوْنَهَ بَيْنَهُمْ إِلاَّ نَزَلَتْ عَلَيْهِمُ السَّكِيْنَةُ وَغَشِيَتْهُمُ الرَّحْمَةُ وحَفَّتْهُمُ الْمَلاَئِكَةُ وَذَكَرَهُمُ اللهُ فِيْمَنْ عِنْدَهُ، وَمَنْ بَطَّأَ بِهِ عَمَلُهُ لَمْ يُسْرِعْ بهِ نَسَبُهُ .رَوَاهُ مُسْلِمٌ بِهَذَا اللَّفْظِ.

Dari Abu Hurairah ra dia berkata: Rasulullah saw bersabda: “Barangsiapa yang menghilangkan satu kesulitan seorang mukmin yang lain dari  kesulitannya di dunia, niscaya Allah akan menghilangkan darinya satu kesulitan pada hari kdiamat. Barangsiapa yang meringankan orang yang kesusahan (dalam hutangnya), niscaya Allah akan meringankan baginya (urusannya) di dunia dan akhirat. Barangsiapa yang menutupi aib seorang muslim, niscaya Allah akan menutupi aibnya di dunia dan akhirat. Dan Allah  akan senantiasa menolong hamba-Nya, selama hamba tersebut mau menolong saudaranya. Barangsiapa yang menempuh satu jalan untuk mencari ilmu, niscaya Allah akan memudahkan baginya jalan menuju surga. Tidaklah suatu kaum berkumpul di salah satu rumah dari rumah–rumah Allah (masjid), membaca kitabullah, saling mengajarkan di antara mereka, melainkan akan turun kepada mereka ketenangan, diliputi oleh rahmat dan dinaungi oleh para malaikat serta Allah akan menyebut–nyebut mereka di hadapan makhluk yang berada di sisiNya. Barangsiapa yang lambat dalam beramal, sungguh garis nasabnya tidak akan bisa membantunya.” (HR. muslim).


Profesi seperti ini sangat dekat dengan jalan menuju surga, Allah mudahkan jalan menuju surga dan pertolongan Allah sangat dengan dengannya. Yuuuk jangan pernah lelah untuk selalu berbuat kebaikan, selalu membantu kesusahan orang lain dan jangan pernah lelah untuk selalu belajar karena orang-orang yang meniti jalan mencari ilmu maka pasti Allah mudahkan jalan menuju surgaNya.


Ketiga, Mati Syahid.

Dari Jabir bin ‘Atik ra, Nabi saw bersabda ada tujuh orang yang bisa meraih predikat mati syahid.

الشَّهَادَةُ سَبْعٌ سِوَى الْقَتْلِ فِى سَبِيلِ اللَّهِ

“Orang-orang yang mati syahid yang selain terbunuh di jalan Allah swt itu ada 7 orang :

(1)     الْمَطْعُونُ شَهِيدٌ Korban wabah adalah syahid.

(2)     وَالْغَرِقُ شَهِيدٌ Mati tenggelam (ketika melakukan safar dalam rangka ketaatan) adalah syahid.

(3)     وَصَاحِبُ ذَاتِ الْجَنْبِ شَهِيدٌ  Yang punya luka pada lambung lalu mati, matinya adalah syahid.

(4)     وَالْمَبْطُونُ شَهِيدٌ Mati karena penyakit perut adalah syahid.

(5)     وَصَاحِبُ الْحَرِيقِ شَهِيدٌ Korban kebakaran adalah syahid.

(6)     وَالَّذِى يَمُوتُ تَحْتَ الْهَدْمِ شَهِيدٌ Mati tertimpa reruntuhan adalah syahid.

(7)     وَالْمَرْأَةُ تَمُوتُ بِجُمْعٍ شَهِيدٌ Seorang wanita yang meninggal karena melahirkan (dalam keadaan nifas atau dalam keadaan bayi masih dalam perutnya) adalah syahid.” (HR. Abu Daud).

Ibnul Ambari memberikan makna hadits ini,

لِأَنَّ اللَّه تَعَالَى وَمَلَائِكَته عَلَيْهِمْ السَّلَام يَشْهَدُونَ لَهُ بِالْجَنَّةِ . فَمَعْنَى شَهِيد مَشْهُود لَهُ

“Karena Allah swt dan malaikatnya menyaksikan orang tersebut dengan surga. Makna syahid di sini adalah disaksikan untuknya.” (Syarh Shahih Muslim dan disebutkan dalam Fath Al-Bari).

Ibnu Hajar menyebutkan pendapat lain, yang dimaksud dengan syahid adalah malaikat menyaksikan bahwa mereka mati dalam keadaan husnul khatimah (akhir hidup yang baik). (Fath Al-Bari).


Masya Allah sungguh sangat bahagia untuk suami dan keluarga (almh) telah Nabi sebutkan sebagai orang yang mati syahid, terkadang dimata manusia saat ditinggal wafat orang yang kita sayangi terasa Allah tidak adil, kenapa begitu cepat harus kembali kehadapanNya namun dimata Allah inilah agunerah Allah, kasih sayang Allah yang paling besar diberikan kesempatan untuk meraih pahala mati syahid dan mati husnul khotimah, kita yang masih hidup belum tentu mendapatkan kesempatan seperti ini. (almh) sudah bahagia, sudah senang, tidur nyenyak disisiNya karena telah meraih pahala yang besar.


Keempat, Ridho Suami, Surga Baginya.

Jika suaminya sayang dengan (almh) istrinya, jika suami ingin istrinya benar-benar masuk surga, kuncinya adalah ridho suami atas semua keputusan Allah ini karena Ssetiap istri meninggal dunia dan suami ridho maka jaminannya adalah hanya surga. Dari Ummu Salamah RA, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda:

"‏ أَيُّمَا امْرَأَةٍ مَاتَتْ وَزَوْجُهَا عَنْهَا رَاضٍ دَخَلَتِ الْجَنَّةَ ‏"

"Wanita mana saja yang meninggal dunia lantas suaminya ridha padanya, maka ia akan masuk surga." (HR Tirmidzi dan Ibnu Majah).

Ini yang terbaik dimata Allah, terus berdoa dan mita tolonglah hanya kepada Allah, laksanakan  sholat sebagai sarana untuk curhat kepada Allah, Dia yang mengambil ini semua Dia pula yang akan mencarikan gantinya yang lebih baik.

وَاسْتَعِيْنُوْا بِالصَّبْرِ وَالصَّلٰوةِ ۗ وَاِنَّهَا لَكَبِيْرَةٌ اِلَّا عَلَى الْخٰشِعِيْنَۙ

“Dan mohonlah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan salat. Dan (salat) itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyuk.” (QS. Al-Baqoroh : 45).




Yuuuk SILA Yang Mau Ikutan BerBAGI Untuk Bencana Korban Gempa Cianjur Sukabumi di Yayasan Wafizs Al-Amin Center Bekasi. Melalui Nomor Rekening  BSI 7117.8248.23 Cabang Bekasi a.n. Yayasan Wafizs Al-Amin Center









Follow US : IG @adjienung, Facebook adjie nung, YouTube : Nur Anwar Amin




 




UMROH PROMO

️ Maskapai/Pesawat :

EMIRATES AIRLINES EK 357 Landing Jeddah. Take Off Madinah

Keberangkatan :

30 Januari – 8 Pebruari 2023

-------------------------------------

Hotel Mekkah : Grand Al-Masa/Staraf

Hotel Madinah : Rawda el-Aqeq/Staraf

Hotel Jeddah : Dyar Al-Hamra

Harga Rp 27.500.000

 

BIAYA Include :

1. Tiket Pesawat PP

2. Visa Umrah

3. Bus Full AC

4. Hotel Makkah/Madinah

5. Pembimbing Ustadz/Ustadzah

6. Muthawwif

7. Makan 3x Sehari Fullboard

8. Snack Perjalanan

9. Air Zamzam

10. Manasik 2 Kali

 

BIAYA Exclude :

1. Biaya Passport

2. Suntik Meningitis

3. Biaya Domestik (Ziarah Thoif) Rp.400.000

4. Biaya 1 Malam di Hotel Jeddah Rp.500.000

5. Kelebihan Bagasi

6.  Keperluan Pribadi (Laundry, dll)

7. Biaya Transportasi Kreta Cepat Makkah Madinah.

8. Biaya Perlengkapan Rp.1.500.000

9. Biaya Jahit Seragam Pria/Wanita

 

Yuuuk SILAKAN SEGERA DAFTAR Hanya di Kantor Perwakilan Annabiy Wisata Zahidi Yayasan Wafizs Al-Amin Center Jl. Gudang Bin Ali no.73 Kelurahan Bahagia Kecamatan Babelan Kabupaten Bekasi 17612 WA : +628161191890 atau Klik lengakapnya di nuranwaramin.com

Follow US : IG @adjienung, Facebook adjie nung, YouTube : Nur Anwar Amin.

Motto :

Nyaman, Dilayani & Pembimbing Profesional

Wafizs Al-Amin Center

“Berbagi Cahaya Diatas Cahaya”