Khutbah Jumat (Edisi 112) Tema : “BERBAHAGIALAH Bagi Yang Telah BERQURBAN”

Khutbah Jumat (Edisi 112) Tema : “BERBAHAGIALAH Bagi Yang Telah BERQURBAN”

 

Wafizs Al-Amin Center
“Berbagi Cahaya Diatas Cahaya”
Khutbah Jumat (Edisi 112) Tema  :

“BERBAHAGIALAH Bagi Yang Telah BERQURBAN”
Oleh : Nur Anwar Amin (adjie nung)
Alumni Universitas Al-Azhar Mesir, Alumni Pondok Pesantren Attaqwa KH.Noer Alie Bekasi dan Ketua Yayasan Wafizs Al-Amin Center Bekasi. Mohon Kirim Donasi Anda : Zakat, Infaq, sedekah & Wakaf untuk Pembangunan Asrama Yatim & Dhuafa ke No. Rek.7117.8248.23 (BSI) a.n. Yayasan Wafizs Al-Amin Center. Donasi Anda sangat membantu meringankan beban mereka.
WA : +628161191890
klik aja adjie nung di Link YouTube, Instagram & Facebook
Khutbah ini disampaikan di Masjid JAMl’ ARROHMAH Kp. Irian Teluk Pucung Kota Bekasi. Jumat, 30 Juni 2023 M/11 Dzulhijjah 1444 H. 


مَعَاشِرَ الْمُسْلِمِيْنَ رَحِمَكُمُ الله

Hari ini kita berada di hari-hari tasyrik yaitu tanggal 11 Dzulhijjah dan terus berlangsung sampai 12 dan 13 Dzulhijjah karena hari tasyrik adalah hari-hari untuk bersenang-senang dibolehkan makan dan minum dan diharamkan berpuasa termasuk jenis puasa apapun pada hari tasyrik ini diharamkan. Dari Nubaisyah Al-Hudzali, ia berkata bahwa Rasulullah saw bersabda,

أَيَّامُ التَّشْرِيقِ أَيَّامُ أَكْلٍ وَشُرْبٍ

“Hari-hari tasyrik adalah hari makan dan minum.” (HR. Muslim). Dalam lafazh lainnya, beliau bersabda,

وَأَيَّامُ مِنًى أَيَّامُ أَكْلٍ وَشُرْبٍ

“Hari Mina (hari tasyriq) adalah hari menikmati makanan dan minuman.” (HR. Muslim).


Imam Nawawi rahimahullah berkata, “Hari tasyrik adalah tiga hari setelah Idul Adha (yaitu 11, 12, 13 Dzulhijjah). Disebut tasyrik karena tasyrik itu berarti mendendeng atau menjemur daging qurban di terik matahari.


Hari tasyrik juga adalah hari untuk memperbanyak dzikir yang telah Allah swt sebutkan dalam firmanNya baik untuk orang-orang yang sedang berada di Mina ataupun untuk kaum muslimin diseluruh penjuru dunia.

وَاذْكُرُوا اللَّهَ فِي أَيَّامٍ مَعْدُودَاتٍ

“Dan berzikirlah (dengan menyebut) Allah dalam beberapa hari yang terbilang.” (QS. Al Baqarah: 203).


Makna dzikir kepada Allah adalah dengan selalu bertakbir setiap selesai sholat fardhu, berdzikir dengan membaca Bismillahi Alahu Akbar setiap kali menyembelih hewan qurban dan melempar jumroh di Mina.


Hari tasyrik juga dianjurkan memperbanyak doa yang paling sering dibaca oleh Nabi saw. Allah swt berfirman,

فَإِذَا قَضَيْتُمْ مَنَاسِكَكُمْ فَاذْكُرُوا اللَّهَ كَذِكْرِكُمْ آبَاءَكُمْ أَوْ أَشَدَّ ذِكْرًا فَمِنَ النَّاسِ مَنْ يَقُولُ رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا وَمَا لَهُ فِي الآخِرَةِ مِنْ خَلاقٍ, وَمِنْهُمْ مَنْ يَقُولُ رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

“Apabila kamu telah menyelesaikan ibadah hajimu, maka berzikirlah (dengan menyebut) Allah, sebagaimana kamu menyebut-nyebut (membangga-banggakan) nenek moyangmu, atau (bahkan) berzikirlah lebih banyak dari itu. Maka di antara manusia ada orang yang berdoa: “Ya Tuhan kami, berilah kami (kebaikan) di dunia”, dan tiadalah baginya bahagian (yang menyenangkan) di akhirat. Dan di antara mereka ada orang yang berdoa: “رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ” (Ya Rabb kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka).” (QS. Al Baqarah: 200-201). Agar di hari tasyrik ini Allah anugerahi kita semua kebaikan yang banyak dan kebahagian di dunia maupun kebahagiaan di akhirat kelak.


مَعَاشِرَ الْمُسْلِمِيْنَ رَحِمَكُمُ الله

Sejak tanggal 10 Dzulhijjah sampai 13 Dzulhijjah (hari-hari tasyrik) ini kita dianjurkan untuk berquban karena perintah qurban adalah perintah yang langsung dari Allah swt setiap tahun sekali bukan perintah seumur hidup sekali. Maka berbahagialah orang-orang yang pada tanggal 10-13 Dzulhijjah bisa melakukan ibadah qurban. Karena Inilah keuntungannya :

Pertama, Allah Siapkan الْكَوْثَر (al-kautsar).

Tafsir Ibnu Katsir memberikan makna الْكَوْثَر adalah sungai di Surga. Anas bin Malik berkata bahwa Rasulullah saw bersabda,

دخلتُ الجنةَ ، فإذا أنَا بِنهرٍ حافَّتاهُ خِيامُ اللُؤْلُؤِ ، فضَرَبْتُ بيدِي إلى ما يجرِى فيه الماءُ ، فإذا مِسكٌ أذْفَرُ ، فقُلتُ : ما هذا يا جبريلُ ؟ قال : هذا الكوثَرُ الذي أعطاكَه اللهُ

“Aku masuk Surga, tiba-tiba aku ada di sebuah sungai yang pinggirannya adalah tenda-tenda mutiara. Aku tepukkan tanganku ke air yang sedang mengalir ternyata ia minyak kasturi yang bagus. Aku bertanya, “Apa ini wahai Jibril?” Dia menjawab, “Ini adalah الْكَوْثَر yang Allah berikan kepadamu.” (HR. Bukhori Muslim).


Abu Ubaidah berkata, “Aku bertanya kepada Aisyah tentang firman Allah اِنَّآ اَعْطَيْنٰكَ الْكَوْثَرَ lalu dia menjawab, itu adalah sungai yang diberikan kepada Nabi kalian. Kedua pinggirannya adalah Mutiara yang berlubang. Wadahnya sebanyak bintang dilangit.” (HR. Bukhori).


Demekian juga Ibnu Abbas dan Said bin Jubair menafsirkan الْكَوْثَر adalah kebaikan (nikmat) yang banyak termasuk kebaikan nikmat di dunia dan akhirat. Artinya, jika kita sudah diberikan oleh Allah karunia yang berlimpah, rezeki yang banyak, sudah sukses, kendaran dan kontrakan sudah berbaris, jangan lupa terhadap kepada Sang Pemberi rezeki yaitu  Allah swt yang telah menitipkannya kepada kita.


Rasa syukur atas karunia Allah dan rezeki berlimpah itu yang setiap kali kita pinta dalam doa-doa kita. Maka,

Pertama, lakukanlah dengan memperbnyak ibadah lewat fisik berupa sholat, baik sholat yang wajib maupun yang sunah, sesuai perintah Allah

فَصَلِّ لِرَبِّكَ

“Maka laksanakanlah shalat karena Tuhanmu.”

Kedua, وَانْحَرْ berkurbanlah (sebagai ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah)”. Beribadahlah lewat harta yang tidak semua orng bisa lakukan, qurban termasuk ibadah lewat harta, jika sudah sukses jangan pelit berbagi karena pada hakekatnya harta dan kekayaan adalah titipan bukan milik kita abadi, banyak orang yang dulu sukses lalu lupa Allah sekarang jatuh miskin. Karenanya semakin sering berbagi, Allah semakin tambah sayang, hartapun semakin bertambah. Selagi Allah beri rezeki kita, maka bersegerahlah berqurban saat ini,  belum tentu tahun akan datang rezeki itu kembali datang, belum tentu pula kita masih berada di dunia ini.

Kedua, Pahala Berqurban.

Qurban adalah pendekatan diri kita kepada Allah, dengan berqurban akan membuat kita lebih dekat dengan Allah swt, jika kita sudah dekat dengan Allah maka semua hajat dan keinginan kita pasti Allah berikan, seseorang yang dekat dengan Allah akan mudah diajak kebaikan, hidupnya selalu bersih, jauh dari perkara syubhat dan haram karena ia merasa Allah selalu membersamainya setiap gerak dan langkahnya.


Nabi saw janjikan pahala yang berlimpah untuk orang-orang yang berqurban. Dari Aisyah Nabi saw bersabda,

عَنْ عَائِشَةَ أَنَّ النَّبِىَّ صلى الله عليه وسلم قَالَ « مَا عَمِلَ ابْنُ آدَمَ يَوْمَ النَّحْرِ عَمَلاً أَحَبَّ إِلَى اللَّهِ عَزَّ وَجَلَّ مِنْ هِرَاقَةِ دَمٍ وَإِنَّهُ لَيَأْتِى يَوْمَ الْقِيَامَةِ بِقُرُونِهَا وَأَظْلاَفِهَا وَأَشْعَارِهَا وَإِنَّ الدَّمَ لَيَقَعُ مِنَ اللَّهِ عَزَّ وَجَلَّ بِمَكَانٍ قَبْلَ أَنْ يَقَعَ عَلَى الأَرْضِ فَطِيبُوا بِهَا نَفْسًا »

“Tidaklah pada hari nahr manusia beramal suatu amalan yang lebih dicintai oleh Allah daripada mengalirkan darah dari hewan qurban. Ia akan datang pada hari kiamat dengan tanduk, kuku, rambut hewan qurban tersebut. Dan sungguh, darah tersebut akan sampai kepada (ridha) Allah sebelum tetesan darah tersebut jatuh ke bumi, maka bersihkanlah jiwa kalian dengan berkurban.” (HR. Ibnu Majah dan Tirmidiz).


Dari Abu Daud dari Zaid bin Arqam dia berkata, Para sahabat Rasulullah saw bertanya,

عَنْ أَبِى دَاوُدَ عَنْ زَيْدِ بْنِ أَرْقَمَ قَالَ قَالَ أَصْحَابُ رَسُولِ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم يَا رَسُولَ اللَّهِ مَا هَذِهِ الأَضَاحِىُّ قَالَ « سُنَّةُ أَبِيكُمْ إِبْرَاهِيمَ ». قَالُوا فَمَا لَنَا فِيهَا يَا رَسُولَ اللَّهِ قَالَ « بِكُلِّ شَعَرَةٍ حَسَنَةٌ ». قَالُوا فَالصُّوفُ يَا رَسُولَ اللَّهِ قَالَ « بِكُلِّ شَعَرَةٍ مِنَ الصُّوفِ حَسَنَةٌ ».

“Wahai Rasulullah, apakah maksud dari hewan-hewan kurban seperti ini?” beliau bersabda: “Ini merupakan sunnah (ajaran) bapak kalian, Ibrahim.” Mereka bertanya, “Wahai Rasulullah, lantas apa yang akan kami dapatkan dengannya?” beliau menjawab: “Setiap rambut terdapat kebaikan.” Mereka berkata, “Bagaimana dengan bulu-bulunya wahai Rasulullah?” Beliau menjawab: “Dari setiap rambut pada bulu-bulunya terdapat suatu kebaikan.” (HR. Ibnu Majah).


مَعَاشِرَ الْمُسْلِمِيْنَ رَحِمَكُمُ الله

Mari segera berqurban, mumpung kita masih hidup, bisa jadi tahun depan kita  sudah Kembali, mumpung masih Allah beri rezeki, belum tentu tahun akan datang kita tidak berdaya

بَارَكَ اللهُ لِي وَلَكُمْ فِي الْقُرْآنِ الْعَظِيْمِ. وَنَفَعَنِي وَاِيِّاكُمْ بما فيه مِنَ الآيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيْمِ. وَتَقَبَّلْ مِنِّيْ وَمِنْكُمْ تِلاوَتَهُ اِنّهُ هُوَ السَّمِيْعُ اْلعَلِيْمُ. فَاسْتَغْفِرُوْا اِنَّهُ هُوَاْلغَفُوْرُ الرَّحِيْم

 

uanuan

Wafizs Al-Amin Center

“Berbagi Cahaya Diatas Cahaya”




Yuuuk UMROH AWAL Tahun 2024
Sambil Ibadah Plus Dapat Berlibur Mancanegara
#Keunggulannya :
- Paket 11 Hari dg 4 Kali Umroh
- Free Perlengkapan Umroh
- Free City Tour THOIF
- Free 1 Malam di Hotel Srilanka
- Free City Tour di Colombo
- By Srilanka Air
- Berangkat 04-14 Januari 2024
- #Nyaman #Dilayani #PembimbingProfesional
Minaaat...? WA aja 08161191890
Instagram @adjienung @wafizscenter
YouTube Nur Anwar Amin 


Yuuuk SILAKAN SEGERA DAFTAR UMROH, Berangkat 04-14 Agustus 2023 Hanya di Kantor Yayasan Wafizs Al-Amin Center Jl. Gudang Bin Ali no.73 Kelurahan Bahagia Kecamatan Babelan Kabupaten Bekasi 17612 WA :  +628161191890 atau Klik lnfo Lengakapnya di nuranwaramin.com. (1 hari di Jeddah, 4 hari di Makkah, 3 hari di Madinah dan PP 2 hari)

Follow US : IG @adjienung, Facebook adjie nung, YouTube : Nur Anwar Amin dan IG @wafizscenter

Motto :

Nyaman, Dilayani & Pembimbing Profesional

“Berbagi Cahaya Diatas Cahaya”

YUUUK  BERWAKAF Di Yayasan Wafizs Al-Amin Center Bekasi Sedang Pembebasan Tanah Wakaf Untuk Pembangunan Masjid dan Majlis Taklim, Yang Berminat SEGERA BERWAKAF, Catet Nomor Rekening Yayasan  7117.8248.23 (BSI) a.n. Yayasan Wafizs Al-Amin Center