Khutbah Jumat (Edisi 121) Tema : “Sakaratul Maut : TAKUT Karena Belum Cukup Bekal”

Khutbah Jumat (Edisi 121) Tema : “Sakaratul Maut : TAKUT Karena Belum Cukup Bekal”

 

Wafizs Al-Amin Center
“Berbagi Cahaya Diatas Cahaya”
Khutbah Jumat (Edisi 121) Tema  :

“Sakaratul Maut : TAKUT Karena Belum Cukup Bekal”
Oleh : Nur Anwar Amin (adjie nung)
Alumni Universitas Al-Azhar Mesir, Alumni Pondok Pesantren Attaqwa KH.Noer Alie Bekasi dan Ketua Yayasan Wafizs Al-Amin Center Bekasi. Mohon Kirim Donasi Anda : Zakat, Infaq, sedekah & Wakaf untuk Pembangunan Asrama Yatim & Dhuafa ke No. Rek.7117.8248.23 (BSI) a.n. Yayasan Wafizs Al-Amin Center. Donasi Anda sangat membantu meringankan beban mereka.
WA : +628161191890
klik aja adjie nung di Link YouTube, Instagram & Facebook
Khutbah ini disampaikan di Masjid JAMl’ NURUSSALAM Kapin Pondok Kelapa Jakarta. Jumat, 08 September 2023 M/22 Shofar 1445 H. 

 

مَعَاشِرَ الْمُسْلِمِيْنَ رَحِمَكُمُ الله

Di akhirat kelak Allah swt hanya menyiapkan dua tempat untuk hambaNya yaitu surga dan neraka, orang-orang mu’min yang membawa bekal kebaikan pastinya ditempatkan dalam surgaNya, sebaliknya orang-orang kafir yang selalu membangkang dan maksiat kepada Allah swt hanya neraka tempatnya yang layak. Untuk masuk ke alam akhirat pintunya hanya satu yaitu kematian, sebagaimana sebuah syair mengatakan,  

المَوتُ بابٌ وَكُلُّ الناسِ داخِلُهُ # فَلَيتَ شِعرِيَ بَعدَ البابِ ما الدارُ # الدارُ جَنَّةُ خُلدٍ إِن عَمِلتَ بِمايُرضي الإِلَهَ وَإِن قَصَّرتَ فَالنارُ

“Kematian adalah pintu gerbang yang akan di masuki setiap manusia. Aduhai kalua aku bisa tahu setelah kematian dimanakah kampungku. Padahal kampung itu adalah surga yang kekal seandainya engkau beramal Yang membuat Tuhanmu ridho , tapi jika berleha-leha maka nerakalah kampungmu.”


Saat kematian itu datang ada 2 pelajaran yang sangat mahal untuk kita semua :

Pertama, Jenis manusia menerima datangnya kematian. Dari ‘Ubadah bin Shamit ra Rasulullah saw bersabda,

 عَنْ عُبَادَةَ بْنِ الصَّامِتِ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ قَالَ: مَنْ أَحَبَّ لِقَاءَ اللهِ أَحَبَّ اللهُ لِقَاءَهُ، وَمَنْ كَرِهَ لِقَاءَ اللهِ كَرِهَ اللهُ لِقَاءَه

“Barang siapa yang mencintai (suka) untuk berjumpa dengan Allah swt maka Allah akan mencintai (suka) untuk berjumpa dengannya, namun barangsiapa yang benci (tidak suka) untuk berjumpa dengan Allah, maka Allah swt akan benci (tidak suka) untuk berjumpa dengannya.” (HR. Bukhori).

Hadits ini menjelaskan ada 2 jenis kelompok manusia tekait dengan kematian :

(A). مَنْ أَحَبَّ لِقَاءَ اللهِ أَحَبَّ اللهُ لِقَاءَهُ (orang yang senang mati).

Orang kelompok ini karena sudah memiliki bekal atau amal sholeh yang cukup, diisi dengan ketaatan, jauh dari kemaksiatan, menjalankan semua perintah Allah dan menjauhi semua laranganNya, kapan pun kematian itu datang makan ia selalu siap dan senang menerima kedatangannya.

(B). وَمَنْ كَرِهَ لِقَاءَ اللهِ كَرِهَ اللهُ لِقَاءَه (orang yang takut mati).

Orang kelompok ini biasanya adalah orang yang tidak menyiapkan bekal sehingga takut untuk mati, sebagiman yang disampaikan Imam Al-Ghozali dalam kitab ميزان الاعمال, diantara sebab orang takut mati adalah :

(1) Ia masih ingin menikmati kenikmatan dunia, belum mau berpisah dengan apa yang ia miliki, berupa kekayaan, jabatan tinggi dan ia tidak pernah terfikir ingin mati, pasti ingin hidup dengan rentan waktu yang lama untuk menikmati kekayaan dan jabatan yang dimilikinya.

(2) Belum siap berpisah dengan sesuatu yang ia cintai termasuk anak, istri dan harta benda, meskipun kita sudah tua, jika ditanya tetap saja belum saip mati kerena anak-anak masih kecil dan masih butuh banyak biaya.

(3) Karena ia tidak tahu nasibnya setelah ia mati,(apakah mendapat azab atau nikmat kubur, husnul khotimah apa su’ul khotimah, Nasib pasca kematian inilah yang menyebabkan seseorang takut dengan kematian karena belum ada jaminan bahagia atau sengsara.

(4) Karena mengingat dosa-dosa yang banyak dilakukannya. Maka setiap kali ditanya kesiapan mati, pasti jawabannya karena amal baiknya masih sedikit dan termasuk takut mati yang dipuji adalah karena belum cukup bekal. Abu Bakra ra berkata :

عَنْ أَبِيْ بَكْرٍ الصِّدِّيْقِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ: مَنْ دَخَلَ الْقَبْرَ بِلَا زَادٍ فَكَأَنَّمَا رَكِبَ الْبَحْرَ بِلَا سَفِيْنَةٍ، كَمَا قَالَ النَّبِيْ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : مَاالْمَيِّتُ فِيْ قَبْرِهِ إِلَّا كَالْغَرِيْقِ الْمُتَغَوِّثِ (نصائح العباد، صحيفة: ١٠)

Dari Abu Bakar Ash-Shiddiq ra : “Barangsiapa yang masuk ke dalam kubur tanpa memiliki bekal, maka ia seperti mengarungi samudera tanpa membawa perahu”. Sebagaimana sabda Nabi saw, “Tiada seorang yang mati dalam kuburnya, melainkan seperti orang yang tenggelam yang merintih minta pertolongan”. (Kitab Nashoihul Ibad, hal.10).


Kedua, Orang mati akan mengalami sakarotul maut.

Siapapun manusianya tidak akan selamat dari sakarotul maut bahkan para Nabi pun dan orang-orang sholeh pilihan Allah tetap menghadapi dahsyatnya sakarotul. Apa itu sakarotul maut?

سَكْرَةُ الْمَوْتِ هِيَ الشَّدَائِدُ الْخَاصَّةُ الَّتِيْ يُلَاقِيْهَا الْمَيِّتُ قُبَيْلِ مَوْتِهِ وَ عِنْدَ خُرُوْجِ الرُّوْحِ مِنْ بَدَنِهِ

“Sakarotul maut adalah penderitaan khusus rasa sakit yang luar biasa yang akan ditemui setiap orang yang mati mejelang kematian saat ruh keluar dari badannya, disitulah saatnya manusia merasakan penderitaan sakarotul maut bahkan digambarkan hadist dari An-Nadhr bin al-Harits dari Hasan dari Rasulullah saw bersabda,

عن النضر بن الحارث عن الحَسَن أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: شِدَّةُ الموْتِ وَكَرْبِهِ عَلَى المُومِنِ أَشَدُّ مِنْ ثُلاَثِيَّةٍ ضُرِبَتْ بِالسَّيْفِ

“Ukuran rasa sakit penderitaan saat dicabut sakarotul maut bagi orang mukmin seperti 300 sabetan pedang”. (HR. At-Tirmidzi).

Dalam Riwayat lain,

قال عُمَرُ بْنِ الْخَطَّابِ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ لِكَعْبٍ: يَا كَعْبُ حَدِّثْنَا عَنِ الْمَوْتِ قَالَ: إِنَّ الْمَوْتَ كَشَجَرَةِ شَوْكٍ أُدْخِلَتْ فِي جَوْفِ ابْنِ آدَمَ! فَأَخَذَتْ كُلُّ شَوْكَةٍ بِعِرْقٍ مِنْهُ، ثُمَّ جَذَبَهَا رَجُلٌ شَدِيدُ الْقُوَى، فَقَطَعَ مِنْهَا مَا قَطَعَ وَأَبْقَى مَا أَبْقَى.

Pada suatu hari Umar bin Khattab berkata kepada Ka'ab Al Ahbar, “Wahai Ka'ab terangkan kepadaku tentang mati." Maka dia pun menjelaskan, "Wahai Amirul Mukminin, mati adalah seperti sebuah ranting yang penuh dengan duri lalu dimasukkan ke dalam perut. Setiap duri tertancap pada kulit yang ada. Setelah itu seorang laki-laki kuat menariknya dengan paksa, sehingga ranting itupun  membawa semua bagian tubuh yang menyagkut padanya dan meninggalkan yang tersisa."

Begitu juga Ibnu Hajar rohimahulloh berkata,

قاَلَ اِبْنُ حَجَرٍ رَحِمَهُ اللهُ تَعَالَى: " وَفِي الْحَدِيْثِ أَنَّ شِدَّةَ الْمَوْتِ لَا تَدُلُّ عَلَى نَقْصٍ فِي الْمَرْتَبَةِ ، بَلْ هِيَ لِلْمُؤْمِنِ إِمَّا زِيَادَةٌ فِي حَسَنَاتِهِ، وَإِمَّا تَكْفِيْرٌ لِسَيِّئَاتِهِ " انتهى من "فتح الباري" (11 / 363).

“Sakitnya kematian bagi orang mukmin untuk menambah kebaikannya, dan menghapus dosa-dosanya (kesalahannya)”.

Umpanya kebaikan kita kurang sedikit untuk bisa masuk surga maka Allah swt berikan rasa sakit saat sakarotul maut sehingga dosa-dosa itu hilang dan takfirun penghapusnya. Begitu sebaliknya sakitnya kematian bagi orang kafir itu adalah bencana, azab dan siksa.


مَعَاشِرَ الْمُسْلِمِيْنَ رَحِمَكُمُ الله

Sebagai bukti hakekat sakarotul maut itu akan menimpa siapa saja sampai kepada para Nabi pun mengalaminya. Diantaranya :

Pertama, Nabi Musa AS.

وَرُوِيَ أَنَّ مُوْسَى عَلَيْهِ السَّلَامُ لَمَّا صَارَ رُوْحُهُ إِلَى اللهِ تَعَالَى قَالَ لَهُ رَبُّهُ: يَا مُوْسَى كَيْفَ وَجَدْتَ الْمَوْتَ ؟ قَالَ : وَجَدْتُ نَفْسِيْ كَالْعُصْفُوْرِ الْحَيِّ حِيْنَ يُقْلِيْ عَلَى الْمِقْلَى لَا يَمُوْتُ فَيَسْتَرِيْحُ وَلَا يَنْجُوْ فَيَطِيْرُ

Diriwayatkan dari Nabi Musa bahwasanya ketika ruhnya dipanggil Allah SWT berfirman kepadanya? “Wahai Musa, bagaimana engkau merasakan kematian?”

Musa menjawab, “Aku mendapatkan diriku bagaikan burung pipit hidup yang digoreng di atas kuali penggorengan. Tidaklah dia mati lalu istirahat, dan tidaklah dia selamat lalu terbang.”

Dalam riwayat lain Nabi Musa berkata:

وَجَدْتُ نَفْسِيْ كَشَاةٍ حَيَّةٍ بِيَدِ الْقَصَّابِ تُسْلَخُ

“Aku mendapatkan diri bagaikan kambing hidup yang dikuliti oleh tukang jagal.”

 

Kedua, Nabi Ibrahim AS.

Saat ditanya tentang sakarotul maut dan Imam Al-Muhasibi menyebutkan dalam kitab ar-Ri'ayah,

وَذَكَرَ الْمُحَاسِبِيْ فِيْ الرِّعَايَةِ : أَنَّ اللهَ سُبْحَانَهُ قَالَ لِإِبْرَاهِيْمَ عَلَيْهِ السَّلَامُ : يَا خَلِيْلِيْ كَيْفَ وَجَدْتَ الْمَوْتَ؟ قَالَ : كَسَفُّوْدٍ مَحْمِيٍّ جُعِلَ فِيْ صُوْفٍ رَطْبٍ ثُمَّ جَذَبَ، قَالَ : أَمَّا إِنَّا قَدْ هَوَّنَا عَلَيْكَ

“Bahwa Allah SWT berkata kepada Nabi Ibrahim alaihissalam, "Wahai kekasihKu, bagaimana kamu merasakan mati?”

Nabi Ibrahim menjawab, "Kematian bagiku seperti seterika yang sangat panas, yang digosokkan pada kain wol yang basah (sehingga kain wol tersebut kering seketika).” Allah kemudian berkata, “Sesungguhnya Kami telah memudahkan kematianmu.”


Ketiga, Aisyah saat membahas sakaratul maut, digambarkan dalam Hadits Bukhori bagaimana pedihnya sakaratul maut. ‘Aisyah rodhiallohu‘anha menceritakan ketika ajal hendak menjemput Nabi saw.

إِنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ بَيْنَ يَدَيْهِ رَكْوَةٌ أَوْ عُلْبَةٌ فِيهَا مَاءٌ فَجَعَلَ يُدْخِلُ يَدَيْهِ فِي الْمَاءِ فَيَمْسَحُ بِهِمَا وَجْهَهُ وَيَقُولُ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ إِنَّ لِلْمَوْتِ سَكَرَاتٍ ثُمَّ نَصَبَ يَدَهُ فَجَعَلَ يَقُولُ فِي أخرجه البخاري ك الرقاق باب سكرات الموت و في المغازي باب مرض النبي ووفاته. الرَّفِيقِ الْأَعْلَى حَتَّى قُبِضَ وَمَالَتْ

“Bahwa di hadapan Rosulullah ada satu bejana kecil dari kulit yang berisi air. Beliau memasukkan tangan ke dalamnya dan membasuh muka dengannya seraya berkata: “Laa Ilaaha Illa Alloh. Sesungguhnya kematian memiliki sakaratul maut (kepedihan)”. Dan beliau menegakkan tangannya dan berkata: “Menuju Rafiqil A’la” (tempat tertinggi ruh para nabi). Sampai akhirnya nyawa beliau tercabut dan tangannya melemas” (HR. Bukhori).


مَعَاشِرَ الْمُسْلِمِيْنَ رَحِمَكُمُ الله

Itu semua gambaaran para Nabi bagaimana dahsyatnya bertemu dengan sakaratul maut. Lalu bagaimana dengan kita, manusia biasa yang banyak berlumuran dosa, apakah sakaratul maut itu menjadi siksa atau menghapus dosa. Dalam kitab التذكرة بأحوال الموتى وأمور الآخرة karangan Imam Qurtubi. Ada 2 keuntungan kenapa para Nabi merasakan dahsyatnya sakaratul maut :

(1). Untuk menyempurnakan kemuliaan dan mengangkat derajat mereka.

(2). Supaya manusia itu tau bagaimana sakitnya sakaratul maut sehingga merasa takut dan berusaha diringankan, diantaranya berdoa. Begitu juga bagaimana Nabi bisa memeri tahu ke umatanya kalau ia sendiri belum mersakan sakitnya sakaratul maut.


Bagi kita manusia biasa yang selalu berbuat dosa, maksiat dan zholim meninggalkan perintah Allah menjalankan larangang Allah, banyak-banyaklah berdoa agar dimudahkan saat bertemu dengan sakaratul maut.

. اَللهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا فِىْ سَكَرَاتِ الْمَوْتِ وَالنَّجَااةَ مِنَ النَّارِ وَالْعَفْوَ عِنْدَ الْحِسَابِ

"Ya Allah, mudahkanlah kami pada waktu sakaratul maut dan selamatkanlah kami dari api neraka serta kami memohon ampunan ketika dihisab."

بَارَكَ اللهُ لِي وَلَكُمْ فِي الْقُرْآنِ الْعَظِيْمِ. وَنَفَعَنِي وَاِيِّاكُمْ بما فيه مِنَ الآيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيْمِ. وَتَقَبَّلْ مِنِّيْ وَمِنْكُمْ تِلاوَتَهُ اِنّهُ هُوَ السَّمِيْعُ اْلعَلِيْمُ. فَاسْتَغْفِرُوْا اِنَّهُ هُوَاْلغَفُوْرُ الرَّحِيْم

uanuan



Dengan RAHMAT ALLAH. Alhamdulillah Wa Syukrulillah
TELAH TERBIT BUKU BARU
Judul : "Hamba Yang Beruntung Di Dunia & Akhirat"
Oleh NUR ANWAR AMIN, Lc
Follow Us :
Mr. Lukman +62 815-8428-2565
IG : @adjienung @wafizscenter
Facebook : adjie nung
YouTube : Nur Anwar Amin
Harga : Rp. 125.000
Alamat Kantor :
Yayasan Wafizs Al-Amin Center
Jl. Gudang Bin Ali No. 73
Ujungharapan Rt. 05/06 Kel. Bahagia Kec. Babelan Kab. Bekasi Jawa Barat.

Wafizs Al-Amin Center

“Berbagi Cahaya Diatas Cahaya”



 UMROH Yuuuk di 11-20 Nopember 2023
No Transit by Saudia Airlines
KEUNGGULANNYA :
- Paket 10 Hari dg 4 Kali Umroh
- Free Perlengkapan Umroh
- Free City Tour THOIF
- Pesawat Saudia Airlines
- Berangkat 28 Oktober s/d 6 Nopember 2023
- Nyaman, Dilayani & Pembimbing Profesional. 
Minaaat...? WA aja 08161191890
Instagram @adjienung @wafizscenter
YouTube Nur Anwar Amin
 

Yuuuk UMROH AWAL Tahun 2024
Sambil Ibadah Plus Dapat Berlibur Mancanegara
#Keunggulannya :
- Paket 11 Hari dg 4 Kali Umroh
- Free Perlengkapan Umroh
- Free City Tour THOIF
- Free 1 Malam di Hotel Srilanka
- Free City Tour di Colombo
- By Srilanka Air
- Berangkat 04-14 Januari 2024
- #Nyaman #Dilayani #PembimbingProfesional
Minaaat...? WA aja 08161191890
Instagram @adjienung @wafizscenter
YouTube Nur Anwar Amin 


Yuuuk SILAKAN SEGERA DAFTAR UMROH, Berangkat 04-14 Agustus 2023 Hanya di Kantor Yayasan Wafizs Al-Amin Center Jl. Gudang Bin Ali no.73 Kelurahan Bahagia Kecamatan Babelan Kabupaten Bekasi 17612 WA :  +628161191890 atau Klik lnfo Lengakapnya di nuranwaramin.com. (1 hari di Jeddah, 4 hari di Makkah, 3 hari di Madinah dan PP 2 hari)

Follow US : IG @adjienung, Facebook adjie nung, YouTube : Nur Anwar Amin dan IG @wafizscenter

Motto :

Nyaman, Dilayani & Pembimbing Profesional

“Berbagi Cahaya Diatas Cahaya”

YUUUK  BERWAKAF Di Yayasan Wafizs Al-Amin Center Bekasi Sedang Pembebasan Tanah Wakaf Untuk Pembangunan Masjid dan Majlis Taklim, Yang Berminat SEGERA BERWAKAF, Catet Nomor Rekening Yayasan  7117.8248.23 (BSI) a.n. Yayasan Wafizs Al-Amin Center