MARHABAN YA RAMADHAN

MARHABAN YA RAMADHAN


“Marhaban Ya Ramadhan Selamat Datang Ramadhan”

Oleh : Nur anwar Amin (adjie nung)

Sahabat Muslim yang dirahmati Allah.

Marhaban Ya Ramadhan “Selamat Datang Bulan Ramadhan”.

Datangnya Bulan Ramadhan bagaikan tamu yang sangat Istimewa, kemudian pemilik rumahnya menyambut dengan ucapan Marhaban disambut dengan hati yang penuh sukacita karena hadirnya Ramadhan dapat memberikan kesadaran kepada umat isalm untuk melakukan segala amal sholeh selama satu bulan penuh, dimana segala amal ibadah dilipatgandakan pahalanya.

Ternyata kegembiraan ini juga dilakukan oleh Rasululloh saw :

اتاكم رمضان سيد الشهور فمرحبا به واهلا، جاء شهر الصيام بالبركات فاكرم به من زاىر هوات (رواه الطبراني)

“Telah datang bulan Ramadhan kepadamu, pemimpin semua bulan, sampaikanlah ucapan Selamat Datang bulan Ramadhan kepadanya. Telah datang bulan puasa yang membawa segala keberkahan maka muliakanlah bulan Ramadhan.” (HR. Imama Thabrani)

Sahabat Muslim yang dirahmati Allah.

Bisa bertemu dengan bulan Ramadhan adalah karunia Allah. Allah swt berfirman,

ﻗُﻞْ ﺑِﻔَﻀْﻞِ ﺍﻟﻠّﻪِ ﻭَﺑِﺮَﺣْﻤَﺘِﻪِ ﻓَﺒِﺬَﻟِﻚَ ﻓَﻠْﻴَﻔْﺮَﺣُﻮﺍْ ﻫُﻮَ ﺧَﻴْﺮٌ ﻣِّﻤَّﺎ ﻳَﺠْﻤَﻌُﻮﻥَ

“Katakanlah: ‘Dengan kurnia Allah dan rahmatNya, hendaklah dengan itu mereka bergembira. Kurnia Allah dan rahmat-Nya itu adalah lebih baik dari apa yang mereka kumpulkan” (QS. Yunus [10]: 58).

Rasulullah saw juga memberikan berita gembira ini kepada para sahabatnya,

ﻗَﺪْ ﺟَﺎﺀَﻛُﻢْ ﺭَﻣَﻀَﺎﻥُ، ﺷَﻬْﺮٌ ﻣُﺒَﺎﺭَﻙٌ، ﺍﻓْﺘَﺮَﺽَ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻜُﻢْ ﺻِﻴَﺎﻣَﻪُ، ﺗُﻔْﺘَﺢُ ﻓِﻴﻪِ ﺃَﺑْﻮَﺍﺏُ ﺍﻟْﺠَﻨَّﺔِ، ﻭَﺗُﻐْﻠَﻖُ ﻓِﻴﻪِ ﺃَﺑْﻮَﺍﺏُ ﺍﻟْﺠَﺤِﻴﻢِ، ﻭَﺗُﻐَﻞُّ ﻓِﻴﻪِ ﺍﻟﺸَّﻴَﺎﻃِﻴﻦُ، ﻓِﻴﻪِ ﻟَﻴْﻠَﺔٌ ﺧَﻴْﺮٌ ﻣِﻦْ ﺃَﻟْﻒِ ﺷَﻬْﺮٍ، ﻣَﻦْ ﺣُﺮِﻡَ ﺧَﻴْﺮَﻫَﺎ ﻓَﻘَﺪْ ﺣُﺮِﻡَ

 “Telah datang kepada kalian Ramadhan, bulan yang diberkahi. Allah mewajibkan atas kalian berpuasa padanya. Pintu-pintu surga dibuka padanya. Pintu-pintu Jahim (neraka) ditutup. Setan-setan dibelenggu. Di dalamnya terdapat sebuah malam yang lebih baik dibandingkan 1000 bulan. Siapa yang dihalangi dari kebaikannya, maka sungguh ia terhalangi.” (HR. Ahmad)

Sahabat Muslim yang dirahmati Allah.

Semoga kita semua Allah swt berikan kekuatan dan kemudahan dalam menjalankan semua ibadah selama bulan Ramadhan ini.

اللَّهُمَّ لاَ سَهْلَ إِلاَّ مَا جَعَلْتَهُ سَهْلاً وَأَنْتَ تَجْعَلُ الحَزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلاً

“Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali yang Engkau buat mudah. Dan engkau menjadikan kesedihan (kesulitan), jika Engkau kehendaki pasti akan menjadi mudah]. (Hadits ini dikeluarkan oleh Ibnu Hibban dalam Shahihnya)

اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ فِعْلَ الْخَيْرَاتِ وَتَرْكَ الْمُنْكَرَاتِ

“Ya Allah, aku memohon pada-Mu agar mudah melakukan kebaikan dan meninggalkan kemungkaran). (HR. Tirmidzi).

Ya Allah jadikanlah Ramadhan ini lebih baik dari sebelumnya. Marilah kita menyambut Ramadhan mubarok dengan suka cita, diiringi dengan ilmu dan bertaubat. Teriaksih semoga ada manfaatnya.