Cerpen Inspirasi : Jalan Kedamaian

Cerpen Inspirasi : Jalan Kedamaian

 

JALAN KEDAMAIAN
Oleh : Mirwan Nijan,M.Pd
Alumni Ponpes Attaqwa KH.Noer Alie Ujungharapan Bekasi.

Semua orang cinta damai; si kaya ingin kedamaian agar hidupnya menentramkan, si sederhana cinta damai agar hatinya Allah cukupkan; orang berilmu ingin kedamaian agar ilmunya meluas manfaatnya, orang awam ingin damai agar bertambah pengetahuan dan berkurang keawamannya; orang berakhlak mulia suka kedamaian agar kebaikannya menyebar, orang yang bermusuhan berharap kedamaian agar hatinya beristirahat dari kebencian menuju persahabatan.

Kedamaian akan terwujud dengan patuhnya kita kepada "rambu" agama; beribadah dengan segenap kemampuan; menjauhi maksiat kepada-Nya; dan berbuat kebaikan niscaya akan menentramkan dan mendatangkan kedamaian. Sebagaimana sabdanya Rasulullah SAW:
الْبِرُّ حُسْنُ الْخُلُقِ وَالإِثْمُ مَا حَاكَ فِى نَفْسِكَ وَكَرِهْتَ أَنْ يَطَّلِعَ عَلَيْهِ النَّاسُ
“Kebaikan adalah dengan berakhlak yang mulia. Sedangkan kejelekan (dosa) adalah sesuatu yang menggelisahkan jiwa. Ketika kejelekan tersebut dilakukan, tentu engkau tidak suka hal itu nampak di tengah-tengah manusia." (HR. Muslim).

Kedamaian akan hadir jika kita bisa memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya; masa muda sebelum tua; sehat sebelum sakit; luang sebelum sibuk. Waktu yang maksimal dimanfaatkan akan mendatangkan keberkahan dan kedamaian; waktu yang disia-siakan akan mendatangkan kerugian.
Kedamaian adalah ketika sesama kita selamat dari "urusan" kita. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW
المُسْلِمُ مَنْ سَلِمَ المُسْلِمُونَ مِنْ لِسَانِهِ وَيَدِهِ... مُتَّفَقٌ عَلَيهِ.
"Muslim ialah orang yang semua orang Islam selamat dari kejahatan lidah -ucapan -dan kejahatan tangannya-perbuatannya". (Muttafaq 'alaih).
Mudah-mudahan Allah senantiasa membimbing kita semua menjadi pelopor kedamaian; hadirnya ditunggu; ketiadaannya dirindu. Aamiin


UMROH YUUUK... Bersama Ustadz H.NUR ANWAR AMIN,Lc (adjie nung) dibimbing langsung oleh beliau, Nyaman, Dilayani & Pembimbing Pofesional. Call aja di WA : 08161191890. bisa juga dilihat liputan selama perjalanan Ibadah Umroh bersamanya di Channel YouTube NUR ANWAR AMIN. Serat dengan sejarah, beribadah, fun, asyik dan bersaudara