Cerpen Inspirasi : Kekuatan Fikiran

Cerpen Inspirasi : Kekuatan Fikiran

KEKUATAN FIKIRAN
Oleh : Mirwan Nijan,M.Pd
Alumni Ponpes Attaqwa KH.Noer Alie Ujungharapan Bekasi.


Tak terlihat namun menentukan, tak terbaca namun dapat mengarahkan, tak berwarna  namun menentukan corak hidup kita, semua itu bernama pikiran. Dengan pikiran yang baik,  kesederhanaan menjadi kecukupan, dengan pikiran buruk, kemewahan menjelma menjadi kekurangan yang tiada bertepian. Semua hal berawal dari pikiran.


"Kita adalah apa yang kita pikirkan" begitulah sebuah pepatah bijak yang sering kita dengar. Betapa pikiran menentukan gerak tubuh, semangat dan energi yang ada dalam diri kita; jika kita berpikir bahwa kita mampu, maka secara otomatis gerak badan, langkah dan energi kita tersalurkan membentuk kekuatan, tidak perduli seberapa besar rintangan dan tantangan insya Allah akan teratasi; begitu juga jika kita berpikir kita lemah, maka dengan sendirinya hilang kekuatan, lenyap semangat, dan sirna kemampuan karna pikiran kita menyatakan kita lemah. 


Pikiran baik terhadap seseorang (husnu zhann) akan mendatangkan orang orang yang berprasangka baik, berpikiran positif, dan penuh keridhoan terhadap sesama. Di samping itu sangka baik akan mendatangkan optimisme serta lingkungan dan lingkaran orang-orang baik, sehingga obrolannya penuh kebaikan dan manfaat. Sedangkan pikiran buruk terhadap orang lain akan menjadi "magnet" yang menarik orang-orang yang se frekuensi dengan keburukan; perkumpulannya menjadi "majlis" ghibah; obrolannya banyak "dihiasi" caci maki terhadap yang disangkakannya; hasad dan dengki menjadi "sajian" diskusinya. Sehingga keburukan dan kedengkian kepada seseorang makin menjadi menjadi. Bukankah seseorang akan dikumpulkan dengan orang yang sefrekuensi. Nabi SAW bersabda: 

الأَرْوَاحُ جُنُودٌ مُجَنَّدَةٌ فَمَا تَعَارَفَ مِنْهَا ائْتَلَفَ وَمَا تَنَاكَرَ مِنْهَا اخْتَلَفَ 

“Ruh-ruh itu (seperti) pasukan yang mengelompok, maka ruh-ruh yang saling kenal akan menjadi akrab, adapun ruh-ruh yang tidak saling kenal akan menjadi saling tidak tidak cocok" (HR. Bukhori). 


Banyak hal di dunia terjadi diluar kendali kita; terkadang ada orang yang "sukarela" menjadi juri kita dengan menilai kita begini begitu; ada kenyataan yang terkadang di luar dari yang diharapkan; ada kejadian yang tidak kita inginkan dan beragam ketidak idealan hidup. Namun semua itu akan menjadi kebaikan jika kita bisa mengendalikan pikiran kita; terhadap gunjingan, jika benar anggap itu peringatan agar kita tidak berulang kesalahan, jika fitnah itu akan menjadi pahala tanpa beramal; ada hikmah di setiap peristiwa; ada pelajaran di setiap keadaan; sehingga semua itu menjadikan kita lebih kuat dalam menghadapi romantika kehidupan. 


Marilah kita rawat pikiran kita dengan kebaikan, sangka baik, berteman kepada yang  mengajak kebaikan dan lingkungan yang baik agar pikiran sehat dan kebahagian kita raih. Aamiin.



NUMPANG PROMO DIKIT ABANG EMPO...

UMROH YUUUK... Bersama Ustadz H.NUR ANWAR AMIN,Lc (adjie nung) dibimbing langsung oleh beliau, Nyaman, Dilayani & Pembimbing Pofesional. Call aja di WA : 08161191890. bisa juga dilihat liputan selama perjalanan Ibadah Umroh bersamanya di Channel YouTube NUR ANWAR AMIN. Serat dengan sejarah, beribadah, fun, asyik dan bersaudara....